Thread Rating:
  • 3 Vote(s) - 5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Tugas Perancangan Web Kelas 5A
#1
Soal untuk pertemuan 1-6. Masing-masing 5 soal mutliple choice.

Tuliskan NIM, Nama dan Kelas.

=======
Reply
#2
(10-19-2018, 03:32 AM)admin Wrote: Soal untuk pertemuan 1-6. Masing-masing 5 soal mutliple choice.

Tuliskan NIM, Nama dan Kelas.

=======

Nama    : Rudi Setiawan
Kelas     : 12.5A.21
NIM       : 12165630
 
 
1.      Manakah yang merupakan jenis jenis web berdasarkan fungsinya?
a.      Personal Website, Commercial Website, Lazada
b.     Commercial Website, Olx, Government Website
c.      Website jual beli, Personal Website, Commercial Website
d.     Personal Website, Commercial Website, Government Website
e.     Website Gaming, Amazon, Google
 
2.      Berikut ini merupakan elemen dan komponen website adalah
a.      Title, Nama Domain, Header
b.     Shop, Sell, Form
c.      Sidebar, Home, Email
d.     Footer, Navbar, Internet
e.     Konten, Menu, Quit
 
3.      Internetwork merupakan Kepanjangan dari?
a.      TCP
b.     Internet
c.      LAN
d.     Intranet
e.     Interlokal
4.      Judul atau nama dari sebuah halaman web adalah pengertian
a.      Homepage
b.     Close Page
c.      Title
d.     Menu
e.     Navigation
5.      Kepanjangan dari URL adalah
a.      Unique Rare Location
b.     Uniform Reset Land
c.      Universal Rules Location
d.     Uniform Resource Locator
e.     Unique Rent Land
 
 
 
 
 
1.      Yang termasuk tahapan pada SDLC adalah
a.      Inisiasi
b.     Crimping
c.      Programming
d.     Koding
e.     Manufacturing
 
2.      Model SDLC yang paling sederhana adalah model
a.      Prototipe
b.     Rapid
c.      Iteratif
d.     Spiral
e.     Waterfal
 
3.      Sebuah aplikasi yang menggunakan pendekatan sistematis, disiplin dan terukur untuk pengembangan, operasi dan pemeliharaan aplikasi berbasis Web adalah
a.      Rekayasa Perangkat Lunak
b.     Rekayasa Web
c.      Pemrograman Web
d.     Setting Web
e.     Reka ulang
 
4.      Proses Mengembangkan atau mengubah suatu system perangkat lunak dengan menggunakan model-model dan metodologi yang digunakan untuk mengembangkan sistem2 perangkat lunak sebelumnya adalah
a.      SBBC
b.     SSSW
c.      SNSD
d.     SDLC
e.     SGGK
 
5.      Model yang merupakan gabungan dari model Waterfall dan model Prototipe adalah mode
a.      Rapid
b.     Spiral
c.      Literatif
d.     Waterfal
e.     Gabungan
 
 
 
 
 
1.      Beberapa jenis Kebutuhan dalam pengembangan web yaitu
a.      Functional Requirements
b.     Primary Requirements
c.      Secondari Requirements
d.     Main Requirements
e.     Best Requirements
 
2.      Menentukan isi aplikasi web atau konten yang terdapat dalam web yang dibuat merupakan pengertian dari
a.      Functional Requirements
b.     Content Requirements
c.      Quality Requirements
d.     System Enviroment Requirements
e.     User Interface Requirements
 
3.      Struktur yang hanya mempunyai satu rangkaian cerita yang berurut adalah
a.      Hirarki
b.     Non-Linier
c.      Linier
d.     Campuran
e.     Non-Hirarki
 
4.      Pengujian yang menguji dari segi spesifikasi fungsional adalah
a.      Red-Box Testing
b.     Functional Testing
c.      Spesification Testing
d.     Black-Box Testing
e.     Blue-Box Testing
 
5.      Hirarki adalah suatu struktur yang mengandalkan …..
a.      Lingkaran
b.     Kesesuaian
c.      Garis
d.     Kesederhenan
e.     Percabangan
 
 
 
 
 
 
 
1.      Metode mengelola sebuah content / isi adalah
a.      CMS
b.     SMS
c.      SGD
d.     USD
e.     WMS
 
2.      WCMS yang beredar di internet saat ini menggunakan
a.      Web Server Ubuntu
b.     Web Server Apache
c.      Local Host
d.     Cloud
e.     Drive
 
3.      Pokok, tipe, atau unit dari informasi digital adalah
a.      Kotras
b.     Manajemen
c.      Konten
d.     Unit
e.     Main
 
4.      Joomla adalah CMS yang bebas dan terbuka atau disebut juga
a.      Freeware
b.     Openware
c.      Source Code
d.     Free Open Source
e.     Payware
 
5.      Wordpress adalah sebuah perangkat lunak blog yang ditulis dalam PHP dan mendukung system basis data
a.      Linux
b.     PHP
c.      CSS
d.     C++
e.     MySQL
 
 
 
 
 
 
 
1.      Berikut ini yang merupakan level testing
a.      Unit Test, Integration Test
b.     Integration Test, Psyco Test
c.      System Test, High Test
d.     Unit Test, Low Test
e.     System Test, Hardware Test
 
2.      Pengujian Situs Web dibagi menjadi 2
a.      Pengujian di localhost, pengujian software
b.     Pengujian di Internet, Pengujian di localhost
c.      Pengujian Hardware, Pengujian Software
d.     Pengujian Sistem, Pengujian Internet
e.     Pengujian Internet, Pengujian Server
 
3.      Kemudahan situs untuk dipelajari adalah parameter dari
a.      Sensitivity
b.     Content
c.      Usablity
d.     Compability
e.     Functionality
 
4.      Pengujian Functionality dilakukan dengan mnguji fungsi fungsi yang ada pada
a.      Server
b.     Coding
c.      Internet
d.     Situs
e.     Konten
 
5.      Alat untuk menguji loading buatan HP yang digunakan untuk Linux dan Windows adalah
a.      LoadMeter
b.     ApacheJMeter
c.      WebLOAD
d.     Webt
e.     LoadRunner
 
 
 
 
 
 
 
 
1.      Promosi Website terbagi menjadi 2 yaitu
a.      Promosi Offline dan Online
b.     Promosi Offline dan Inline
c.      Promosi Online dan Inline
d.     Promosi Otline dan Inline
e.     Promosi Iklan dan Offline
 
2.      Promosi Online yaitu melalui Media
a.      Media Cetak, Media Kertas
b.     Media Elektronik, Media Cetak
c.      Media Cetak, Media Koran
d.     Media Billboard, Media Seminar
e.     Media Brosur, Media Papan
 
3.      Merupakan suatu program yang mengambil halaman web, yang akan digunakan oleh mesin pencari yaitu
a.      Indexer
b.     Searcher
c.      Crawler
d.     Boxer
e.     Finder
 
4.      Milis adalah sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna
a.      Intranet
b.     Website
c.      Blogspot
d.     Internet
e.     Market
 
5.      Searcher berfungsi sebagai interface antara user dengan keseluruhan
a.      Pengguna
b.     Website
c.      Internet
d.     Program
e.     Sistem
Reply
#3
Nama : Yanuar Lutfi Ramadan
Kelas  : 12.5A.21
NIM    : 12160294


Pertemuan 1

1. Apa kepanjangan dari WWW  dari sebuah Web ?
a. World Wider Web
b. Word Wide Web
c. World Wide Web*
d. Word Web Wide
e. World Web Wide

2. Bagian sisi kanan maupun kiri sebuah website dan terletak di sisi konten merupakan pengertian dr ....
a. Sidebar*
b. Side Content
c. Header
d. Category
e. HTML

3. Internet merupakan kependekan dari kata “Internetwork”, yang berarti ... komputer yang terhubung menjadi beberapa rangkaian jaringan.
a. Rangkaian*
b. Perangkat
c. Piranti
d. Alat
e. Komponen

4. Sebuah elemen website berbentuk memanjang yang isinya adalah informasi tentang letak, posisi dan atau jalur halaman yang sedang dikunjungi dalam website itu, adalah  pengertian dari....
a. Link
b. Breadcrumb*
c. Category
d. Author
e. Widget

5. Cara menautkan link ke dalam html adalah dengan menggunakan atribut ...
a. a href*
b. body
c. link
d. url
e. input

Pertemuan 2

1. Pengertian dari SDLC adalah...
a. Software Development Life Cycle / System Development Life Cycle*
b. Software Development Life Cyber
c. Social Development Life Cycle
d. System Development Life Cyber
e. Super Development life Cycle

2. Ada berapa tahap-tahap dalam SDLC ?
a. 5
b. 6
c. 7
d. 8
e. 10*

3. Model SDLC yang cocok digunakan untuk pengembangan aplikasi dengan skala besar tetapi target waktu dan biaya tidak terlalu mengikat adalah...
a. Spiral*
b. Iteratif
c. RAD
d. Waterfall
e. Prototype

4. Subdisiplin dari rekayasa perangkat lunak yang membantu menyediakan metodologi untuk merancang, mengembangkan, memelihara, dan melibatkan aplikasi Web, adalah pengertian dari...
a. Rekayasa Genetik
b. Rekayasa HTML
c. Rekayasa Web*
d. Rekayasa Perangkat Lunak
e. Rekayasa Aplikasi

5. Pada kategori aplikasi web, Sistem penjadwalan dan perencanaan on-line, manajemen inventori, dan pengawasan status merupakan pengertian dari...
a. Informasional
b. Interaktif
c. Workflow*
d. Web portal
e. Marketplaces

Pertemuan 3

1. Tahap ke-3 perancangan web pada model waterfall adalah...
a. Code*
b. Analisis
c. Test
d. Design
e. Execute

2. Berikut ini merupakan jenis-jenis struktur navigasi (kecuali)...
a. Linier
b. Hirarki
c. Non-Linier
d. Campuran (Composite)
e. Front-End*

3. Menguji perangkat lunak dari segi spesifikasi fungsional tanpa menguji desain dan kode program. Adalah pengertian dari...
a. White Box Testing
b. Black Box Testing*
c. Loop Testing
d. Implemetasi
e. Gey Box Testing

4. Pemeliharaan dan Pendukung dalam sebuah web dapat dilakukan dengan cara berikut :
a. Selalu melakukan update terhadap konten web, menyesuaikan dengan informasi yang berubah atau bertambah*
b. Menambah Kapasitas RAM
c. Rajin membersihkan hosting
d. Tidak melakukan back-up database
e. Mencari orang untuk mengupdate postingan

5. Struktur navigasi ini banyak digunakan dalam pembuatan aplikasi multimedia sebab dapat memberikan keinteraksian yang lebih tinggi...
a. Campuran*
b. Linier
c. Non-Linier
d. Hirarki
e. Front End

Pertemuan 4

1. Suatu metoda mengelola sebuah content/isi. Content bisa berupa teks, suara, gambar video, animasi dan aplikasi lainnya yang disimpan dalam sebuah database sehingga mudah dalam pengelolaannya.
a. HTML
b. CSS
c. CMS*
d. PHP
e. Database

2. Salah satu manfaat dari CMS adalah...
a. Manajemen data*
b. Mudah disimpan
c. Biaya murah
d. Mudah diatur
e. Proses cepat

3. Beberapa elemen dasar Jomlaa! Adalah sbb. (kecuali) ...
a. Server Web
b. Script PHP
c. Basis Data MySQL
d. Basis Data Apache*
e. Database MySQL

4. Terkadang plugin-plugin yang didapatkan terdapat bug atau error. Adalah salah satu kelemahan dari...
a. Jomlaa!*
b. CMS
c. Wordpress
d. HTML
e. CSS

5. Bahasa-bahasa yang dipakai programmer untuk menuliskan kumpulan-kumpulan instruksi(program) dalam komputer adalah pengertian dari...
a. Bahasa tubuh
b. Bahasa Komputer
c. Bahasa Cyber
d. Bahasa Pemrograman*
e. Bahasa Isyarat


Pertemuan 5

1. Perbedaan antara nilai atau kondisi yang dihitung, diobservasi, diukur dengan kenyataan, spesifikasi dan kebenaran teori adalah pengertian dari...
a. Testing
b. Error*
c. Pengujian
d. Observasi
e. Eksekusi

2. Merupakan tes yang informal (tanpa rencana dan kasus) yang mempercayakan pada kreativitas pengguna yang potensial. Adalah...
a. Code Test
b. Web Test
c. HTML Test
d. Beta Test*
e. Error Test

3. Beberapa pengujian yang dapat dilakukan di Local Host adalah (kecuali)...
a. Pengujian Usability
b. Pengujian Loading Time
c. Pengujian Content
d. Pengujian Accesibility
e. Pengujian Error*

4. Salah satu pengujian Compatibility adalah...
a. Apakah konten relevan dengan tujuan situs
b. Apakah memiliki arsip dari konten dan data-data lama.
c. Memastikan bahwa situs web dapat diakses dengan baik oleh pengguna, termasuk orang-orang cacat
d. Validasi HTML dan XHTML
e. Apakah memberi alternatif untuk browser yang tidak dapat melihat situs*

5. Salah satu tools yang dapat digunakan untuk pengujian web adalah...
a. Plugins
b. LoadRunner*
c. HMeter
d. Webdomain
e. Webtester

Pertemuan 6

1. Promosi melalui pamflet, brosur, billboard, dll merupakan ..
a. Promosi Online*
b. Promosi Offline
c. Promosi Inline
d. Promosi Outline
e. Promosi Langsung

2. Berikut merupakan salah satu jenis Affiliate Marketing adalah...
a. Pay per Online
b. Pay-per-Performance
c. Design Exchange
d. Pay Per View
e. Pay Per Click*

3. Merupakan suatu program yang mengambil halaman halaman web, yang akan digunakan oleh mesin pencari adalah
a. Indexer
b. Crawler*
c. Searcher
d. Search Result
e. Reader

4. Umumnya dimanfaatkan sebagai sarana diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya, merupakan salah satu manfaat dari...
a. Milis*
b. Gmail
c. Email
d. Drive
e. Forum

5. Fungsi Feedback adalah...
a. Memberikan pengetahuan
b. Memberikan penilaian terhadap pemilik
c. Mengkritik author/penulis
d. Mengontrol, memberikan kontribusi dan mengembangkan sebuah website*
e. Menjaga server agar stabil
Reply
#4
(10-19-2018, 03:32 AM)admin Wrote: Soal untuk pertemuan 1-6. Masing-masing 5 soal mutliple choice.

Tuliskan NIM, Nama dan Kelas.

=======

Nama             : Gita Safaesi
NIM                : 12165617
Kelas             : 12.5A.21
 
Pertemuan 1

1.    Kepanjangan dari WWW yang benar adalah ....
a.    World While Web
b.    World Wide Web
c.    Wide World Web
d.    Web World Wide
e.    Web Web Web
 
2.    Rangkaian komputer yang terhubung menjadi beberapa rangkaian jaringan, merupakan pengertian dari ....
a.    Internit
b.    Protocol
c.    Internet
d.    TCP/IP
e.    Internet Relay Chat (IRC)
 
3.    Layanan yang memungkinkan pengguna berkomunikasi dan berinteraki secara langsung dengan pengguna internet lainnya, merupakan salah salah satu layanan ....
a.    File Transfer Protocol
b.    E-Mail
c.    Ghoper
d.    VoIP
e.    Internet Relay Chat (IRC)
 
4.    Salah satu elemen dan komponen website yaitu breadcrumb. Yang  dimaksud dengan breadcrumb adalah ....
a.    Sebuah elemen website berbentuk memanjang yang isinya adaah informasi tentang letak, posisi dan atau jalur halaman yang sedang dikunjungi dalam website tersebut.
b.    Sebuah elemen website berbentuk melingkar yang isinya adalah informasi tentang halaman yang sedang dikunjungi dalam website tersebut.
c.    Penginputan data dari pengakses website baik itu yang bersifat wajib maupun opsional
d.    Sebuah elemen website berbentuk kotak.
e.    Tempat dimana berbagai jenis tombol berbagi ke media sosial berada.
 
5.    Server Side dan Client Side merupakan jenis-jenis web berdasarkan ....
a.    Fungsi
b.    Bahasa Pemrograman
c.    Kegunaan
d.    Kepentingan
e.    Kelebihan

Pertemuan 2

1.    Proses mengembangkan atau mengubah suatu sistem perangkat lunak dengan  menggunakan model-model dan metodologi yang digunakan orang untuk mengembangkan sistem perangkat lunak sebelumnya merupakan pengertian dari ....
a.    Software Development Life Cycle
b.    Software Developer Life Cycle
c.    Software Development Light Cycle
d.    Software Development Life Cyrcle
e.    Softcase Development Life Cycle
 
2.    Integrasi dan Pengujian (Intregration and Test) merupakan tahapan pada SDLC yang ke ....
a.    Satu
b.    Tujuh
c.    Delapan
d.    Sembilan
e.    Empat
 
3.    Sistem berbasis web melibatkan campuran antara print publishing (penerbitan cetakkan) dan pengembangan perangkat lunak, antara pemasaran dan komputasi, antara komunikasi internal dan relasi eksternal, dan antara seni dan teknologi, menurut ....
a.    Bright Powel (1998)
b.    Powel (1999)
c.    Ryan Powel (1998)
d.    Powel (1998)
e.    Rich Powel (1998)
 
4.    Pengembangan sistem berbasis web dan rekayasa web berbeda dengan pengembangan perangkat lunak dan rekayasa perangkat lunak, merupakan ...
a.    Prinsip RPL
b.    Prinsip Rekayasa Web
c.    Prinsip Pemrograman
d.    Prinsip Perangat Lunak
e.    Prinsip Web Design
 
5.    Salah satu contoh aplikasi web kategori Workflow adalah ....
a.    Sistem Pembayaran
b.    Perencanaan On-Line
c.    Elektronik On-Line
d.    Formulir Pendaftaran
e.    Belanja Elektronik

Pertemuan 3

1.    Tahapan dalam merancang web menggunakan model SDLC Waterfall secara terurut dimulai dari ...
a.    Analysis -> Design -> Code -> Text
b.    Analysis -> Text -> Code -> Design
c.    Design -> Analysis -> Code -> Text
d.    Analysis -> Design -> Text -> Code
e.    Text -> Design -> Code -> Analysis
 
2.    Pengujian perangkat lunak dari segi spesifikasi fungsional tanpa menguji desain dan kode program adalah pengertian tdari ....
a.    White-Box Testing
b.    Blue-Code Testing
c.    Black-Box Testing
d.    White-Black Testing
e.    Testing Black
 
3.    Suatu struktur navigasi yang hanya mempunyai satu rangkaian cerita yang terutur disebut ...
a.    Hirariki
b.    Linier
c.    Campuran
d.    Design
e.    Web
 
4.    Menganalisis kebutuhan dengan menentukan kendala yang mungkin dihadapi dalam pengembangan web seperti pengembangan teknologi dan aspek budaya merupakan jenis kebutuhan ....
a.    System Environment Requirements
b.    User Interface Requirements
c.    Evolution Requirements
d.    Project Constraint
e.    Content Requirements
 
5.    Analias kebutuhan merupakan­­ ....
a.    Menentukan kemampuan dan layanan dari web yang ditawarkan.
b.    Proses pengumpulan kebutuhan yang dilakukan secara intensif untuk menentukan biaya yang diperlukan pengembang.
c.    Perancangan
d.    Bagian terkecil dari suatu perangkat keras
e.    Proses pengumpulan kebutuhan yang dilakukan secara intensif untuk menentukan spesifikasi web agar dapat dipahami oleh pengguna.

Pertemuan 4

1.    Suatu metoda mengelola sebuah conetent/isi yang berupa teks, suara, gambar, video, animasi dan aplikasi lainnya adalah pengertian dari ....
a.    Content Manager System
b.    Content Management Success
c.    Content Management Startup
d.    Content Manager Solid
e.    Content Management System
 
2.    CMS yang bertujuan melakukan proses transaksi yaitu ....
a.    WCMS E-Commerce
b.    WCMS Forum
c.    WCMS Person/Blog
d.    WCMS Gallery
e.    WCMS E-Learning
 
3.    Salah satu manfaat CMS adalah ....
a.    Stabil
b.    Awet
c.    Sindikasi
d.    Pengelolaan
e.    Berjalan dengan lancar
 
4.    Didalam web terdapat suatu pokok, tipe, atau unit dan informasi digital yang disebut ....
a.    Inti
b.    Konten
c.    Isi
d.    Kesimpulan
e.    Saran
 
5.    Software yang dapat membantu seseorang programmer menuliskan kode program web adalah ....
a.    Web Server
b.    Firework
c.    Database
d.    Editor Web
e.    Browser

Pertemuan 5

1.    Instrumen penting dalam pengembangan aplikasi web adalah ....
a.    Testing
b.    Googling
c.    Searching
d.    Reading
e.    Borring
 
2.    Pengujian situs web dibagi menjadi 2 yaitu ....
a.    Pengujian di dalam dan pengujian di luar
b.    Pengujian di localhsot dan pengujian di internet
c.    Pengujian intercitivity dan pengujian functionality
d.    Pengujian usability dan pengujian content
e.    Pengujian loading time dan pengujian accesibility
 
3.    Untuk menguji loading time, sebaiknya menggunakan ...
a.    Kecepatan akses tercepat, agar dapat memastikan bahwa pengguna mau mengakses situs.
b.    Kecepatan akses terlambat, agar dapat memastikan bahwa pengguna tidak mau mengakses situs.
c.    Kecepatan akses terlambat, agar dapat memastikan bahwa pengguna mau mengakses situs.
d.    Kecepatan akses yang sedang, agar dapat memastikan bahwa pengguna mau mengakses situs.
e.    Kecepatan akses yang sedang, agar dapat memastikan bahwa pengguna tidak mau mengakses situs.
 
4.    Memastikan bahwa situs web dapat diakses dengan baik oleh pengguna merupakan ....
a.    Pengujian Interactivity
b.    Pengujian Di Internet
c.    Pengujian Usability
d.    Pengujian Accesibility
e.    Pengujian Di Localhost
 
5.    Tools pengujian web salah satunya untuk menguji berbasis GUI di windows yang digunakan untuk menguji web, mobile dan aplikasi berbasis desktop yaitu ....
a.    OWASP
b.    Sahi
c.    Watir
d.    Load impact
e.    Ranorex

Pertemuan 6

1.    Promosi website terbagi menjadi ....
a.    2
b.    3
c.    4
d.    5
e.    6
 
2.    Promosi melalui televisi atau radio yaitu promosi dengan media ....
a.    Cetak
b.    Print
c.    Elektronik
d.    Lainnya
e.    Semua benar
 
3.    Revenue sharing antara pemasang iklan online/pemilik website melalui perdagangan online produk, jasa/service atau pekerjaan dari aplikasi web milik seseorang yang diintregasikan ke aplikasi web affilitae merupakan pengertian dari ....
a.    Affiliate Marketing
b.    Affiliate Market
c.    Affiliate Mark
d.    Affiliate Engine
e.    Affiliate Search
 
4.    Search engine didasarkan pada konsep ....
a.    RPL
b.    Search Engine Marketing
c.    Search Engine
d.    Information Retrieval System
e.    Halaman Web
 
5.    Suatu umpan balik terhadap suatu proses, kejadian atau layanan disebut ....
a.    Konstribusi
b.    Feedback
c.    Website
d.    Update
e.    Report
Reply
#5
(10-19-2018, 03:32 AM)admin Wrote: Soal untuk pertemuan 1-6. Masing-masing 5 soal mutliple choice.

Tuliskan NIM, Nama dan Kelas.

=======


Nama : Dwi Hamdani Adiatma Budhie
NIM : 12160473
Kelas : 12.5A.21
Tugas : Perancangan Web




Soal Latihan Pertemuan 1


1. Internet merupakan kependekan dari kata “Internetwork”, yang berarti …. yang terhubung menjadi beberapa rangkaian jaringan.
A. Rangkaian komputer
B. Rangkaian kabel
C. Rangkaian perangkat keras
D. Rangkaian perangkat lunak
E. Rangkaian internet


2. Layanan pencarian file dan informasi adalah….
A. Chopper
B. Searcing
C. Browsing
D. Ghoper
E. Telnet


3. Dibawah ini yang bukan merupakan elemen dan komponen website adalah….
A. Title, Link, Header
B. Link, Sidebar, Header
C. Link, Nama Domain, Alamat URL
D. Header, Footer, Widget
E. Footer, Form, Popdown


4. URL singkatan dari….
A. Unknown Resource Locator
B. Uniform Resource Locator
C. Uniform Resource Lower
D. Undefined Resource Locator
E. Unknown Resource Lower


5. Proses belajar mengajar dapat dilakukan secara online disebut….
A. E-Commerce
B. E-Business
C. E-Learning
D. E-Browsing
E. E-Reading




Soal Latihan Pertemuan 2


1. Interaksi manusia – komputer disebut juga….
A. human – computer internet
B. human – computer interaction
C. human – computering action
D. hypermedia engineering
E. system analysis and design


2. Web juga diharapkan memiliki ketiga kelompok keahlian berikut….
A. Keahlian prasyarat, spesifik, dan umum
B. Keahlian manusia, prasyarat, dan umum
C. Keahlian komputer, spesifik, dan umum
D. Keahlian spesifik, manusia, dan prasyarat
E. Keahlian umum, manusia, dan komputer


3. Proses mengembangkan atau mengubah suatu sistem perangkat lunak dengan menggunakan model – model dan metodologi yang digunakan orang untuk mengembangkan sistem – sistem perangkat lunak sebelumnya adalah….
A. SDDC
B. SDCL
C. SLCD
D. SDLC
E. SCDL


4. Model SDLC yang cocok digunakan untuk menggali spesifikasi kebutuhan pelanggan secara lebih detail tetapi beresiko tinggi terhadap membengkaknya biaya dan waktu proyek adalah….
A. Spiral
B. RAD
C. Waterfall
D. Proton
E. Prototipe


5. Model SDLC yang cocok digunakan pengembangan perangkat lunak yang bersifat inkremental (berkembang sedikit demi sedikit secara teratur) terutama untuk waktu pengerjaan yang pendek adalah….
A. Prototipe
B. Iteratif
C. Rapid Application Development
D. Spiral
E. Waterfall




Soal Latihan Pertemuan 3


1. Tahapan kedua dalam merancang web menggunakan model waterfall adalah….
A. Analisa Kebutuhan
B. Desain Perangkat Lunak
C. Pembuatan Kode Program
D. Pendukung atau Pemeliharaan
E. Pengujian


2. Menentukan kemudahan dari penggunaan web oleh pengguna meliputi aspek penting yang meliputi struktur navigasi dan user interface disebut dengan analisa kebutuhan….
A. user interface requirements
B. sistem environment requirements
C. functional requirements
D. content requirements
E. quality requirements


3. Desain perangkat lunak adalah proses multilangkah yang fokus pada perancangan web meliputi….
A. Desain antar muka
B. Desain basis data
C. Desain struktur navigasi
D. Jawaban A, B, C salah
E. Jabawab A, B, C benar


4. Jenis – jenis struktur navigasi, kecuali….
A. Linier
B. Hirarki
C. Campuran
D. Vertikal
E. Non-Linier


5. Pengujian untuk validasi memiliki beberapa pendekatan sebagai berikut….
A. Red - Box Testing
B. White - Box Testing
C. Combo - Box Testing
D. Black – Box Testing
E. Jawaban B dan D benar




Soal Latihan Pertemuan 4


1. Suatu metoda mengelola sebuah konten atau isi berupa teks, suara, gambar, video, animasi dan aplikasi lainnya disebut….
A. SMS
B. CMS
C. CMIIW
D. TTS
E. CML


2. Bahasa – bahasa yang dipakai programmer untuk menuliskan kumpulan – kumpulan instruksi (program) dalam komputer….
A. Bahasa Pemrograman
B. Bahasa Isyarat
C. Bahasa yang unik
D. Bahasa Tingkat Menengah
E. Bahasa sehari – hari


3. WordPress adalah sebuah perangkat lunak blog yang ditulis dalam….dan mendukung sistem berbasis data MYSQL.
A. JAVA
B. C++
C. PHP
D. JAVASCRIPT
E. PYTON


4. Halaman – halaman website yang diakses oleh user melalui browser disimpan pada….
A. Web client
B. Harddisk
C. Google Drive
D. Web server
E. Web browser


5. Pokok, tipe, atau unit dari informasi digital adalah….
A. Konten
B. Manajemen
C. Informasi
D. Jawaban A dan C benar
E. Jawaban A dan C salah




Soal Latihan Pertemuan 5


1. Instrumen penting dalam pengembangan apikasi web untuk mendapatkan produk yang berkualitas dan seperti apa yang diharapkan oleh pengguna adalah….
A. Testing
B. Tester
C. Planning
D. Searcing
E. Running


2. Pengujian….dapat diuji dengan berbagai ukuran revolusi, apakah desain web mengalami kerusakan atau tidak
A. Graphic Card
B. Graphic Properties
C. Graphic Design
D. Graphic Editing
E. VGA


3. Untuk menguji loading time, sebaiknya menggunakan kecepatan akses….
A. sangan cepat
B. santai
C. cepat
D. pelan - pelan
E. terlambat


4. Parameter dari usability….
A. Mudah untuk diingat
B. Pengujian loading time
C. Pengujian Functionality
D. Pengujian diinternet
E. apakat navigasi situs web mudah dipelajari


5. Merupakan evaluasi interaksi unit terintegritas yang dites secara berbeda dan terpisah….
A. Beta test
B. Acceptance Test
C. Unit test
D. System test
E. Integration test




Soal Latihan Pertemuan 6


1. Revenue sharing antara pemasang iklan online dengan penjual online / pemilik website melalui perdagangan online produk, jasa / service atau pekerjaan dari aplikasi web milik seorang yang diintegrasikan ke aplikasi web affiliate adalah….
A. Alternatife Marketing
B. Affiliate Marketing
C. Aplouse Marketing
D. Aplication Marketing
E. Market Place


2. Jenis Affiliate Marketing….
A. Banner Exchange
B. Pay per click
C. Revenue Sharing
D. Jawaban A, B, dan C salah
E. Jawaban A, B, dan C benar


3. Melakukan proses pembuatan index untuk halaman – halaman tersebut dan juga melakukan pembuatan rangkuman dan analisis terhadap isi halaman web….
A. Indexer
B. Crawler
C. Searcher
D. Browser
E. Google


4. Google mengembangkan program khusus yang disebut….untuk menjangkau pelanggan potensial dengan cara yang ditargetkan
A. Pelopor
B. Kampanye
C. AdWords
D. Domain
E. Milis


5. Sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet untuk melakukan kegiatan tukar menukar informasi disebut….
A. Milis
B. Domain
C. Hosting
D. Trading
E. Mail
Reply
#6
(10-19-2018, 03:32 AM)admin Wrote: Soal untuk pertemuan 1-6. Masing-masing 5 soal mutliple choice.

Tuliskan NIM, Nama dan Kelas.

=======

NIM    : 12165523
Nama : Andhika Aldhi Prasetya
Kelas  : 12.5A.21

========================

----------------
Pertemuan 1
----------------


1.  Website yang dimiliki oleh sebuah perusahaan yang bersifat bisnis adalah ....
a. Non-Profit Organization website
b. Personal Website
c. Commercial Website*
d. Government Website
e. Profit Organization website

2.  Berikut adalah elemen dan komponen website, kecuali  ....
a. Menu
b. Alamat URL
c. Header
d. HTML*
e. Konten/Isi

3.  Proses hubungan dagang bisnis ke bisnis, memudahkan pembelian atau penjualan antar
perusahaan-perusahaan, shoping online. Merupakan pengertian kategori ... dari tema dan tujuan
pembuatan website.
a. E-Commerce(Electronic Commerce)*
b. E-Learning
c. Nilai Tambah(Value Added)
d. Personal
e. Komunitas

4.  Layanan interaksi secara remote antar komputer yang terhubung di internet merupakan
fasilitas internet berupa ....
a. Telnet*
b. VoIP
c. Layanan World Wide Web(WWW)
d. Layanan E-mail
e. Layanan File Transfer Protocol

5.  Merupakan website yang content-nya sangat jarang diubah adalah jenis ....
a. Web statis*
b. Web personal
c. Web komunitas
d. Web dinamis
e. Web pemerintahan


---------------
Pertemuan 2
---------------

1. Gabungan dari model Waterfall dan model Prototipe adalah Model ....
a. Iteratif*
b. Spiral
c. Waterfall
d. Rapid Application Development (RAD)
e. Prototipe

2. Berikut merupakan kelompok Keahlian Prasyarat, kecuali ....
a. Pemrograman dan pemodelan berorientasi dengan UML dan Java, atau dengan bahasa yang serupa.
b. Pengembangan basis data dengan JDBC, MySQL, dan Java Servlets, atau dengan bahasa yang serupa.
c. Pemrograman Web dengan HTML, JavaScript, CGI Script, dan PHP, atau dengan bahasa yang serupa.
d. Penyebaran dari tool authoring khusus dengan editor Web, seperti FrontPage dan Macromedia
    Dreamweaver untuk desain dan implementasi aplikasi berbasis Web.
e. Pemahaman cakupan sistem dan konteks dari aplikasi rekayasa Web.*

3. Salah satu kategori aplikasi web Informasional adalah ....
a. Buku elektronik on-line*
b. Kelompok chat
c. Sistem authoring terdistribusi
d. Pengawasan status
e. Permainan on-line

4. Belanja elektronik, pemesanan barang dan layanan, dan perbankan on-line. Adalah contoh kategori
aplikasi web ....
a. Transaksional*
b. Marketplaces, komunitas on-line
c. Workflow
d. Interaktif
e. Lingkungan kerja kolaboratif

5. Berikut merupakan prinsip-prinsip rekayasa Web secara khusus, kecuali ....
a. Pembaruan (update) dan pemeliharaan
b. Analisis dan spesifikasi kebutuhan
c. Konfigurasi dan manajemen proyek
d. Pengembangan aplikasi waktu nyata berbasis Web
e. Penghapusan halaman web*


---------------
Pertemuan 3
---------------

1. Proses pengumpulan kebutuhan yang dilakukan secara intensif untuk menentukan spesifikasi web agar
dapat dipahami oleh pengguna adalah ....
a. Analisis Kebutuhan*
b. Desain Perangkat Lunak
c. Pembuatan Kode Program (Implementasi)
d. Pengujian (Testing)
e. Pendukung (Support) atau Pemeliharaan (Maintenance)


2. Berikut merupakan jenis kebutuhan (Requirements Types) dalam pengembangan Web, kecuali ....
a. Functional Requirements
b. Content Requirements
c. Quality Requirements
d. Source Requirements*
e. Evolution Requirements

3. Berikut merupakan jenis-jenis struktur navigasi, kecuali ....
a. Linier
b. Non-Linier
c. Hirarki
d. Campuran (Composite)
e. Drop Down*

4. Struktur yang hanya mempunyai satu rangkaian cerita yang berurut adalah ....
a. Campuran (Composite)
b. Hirarki
c. Tree
d. Drop Down
e. Linier*

5. Pendukung (Support) atau Pemeliharaan (Maintenance) dari sebuah web dapat dilakukan dengan
beberapa cara seperti berikut ini, kecuali ....
a. Selalu melakukan update terhadap konten web, menyesuaikan dengan informasi yang berubah atau bertambah.
b. Melakukan pemeliharaan terhadap hardware dan software yang digunakan, agar web dapat selalu berjalan dengan baik.
c. Melakukan back-up database secara berkala untuk menghindari hal-hal yang mengakibatkan kerusakan pada web.
d. Melakukan evaluasi terhadap kritik dan saran dari pengguna atau pengunjung web.
e. Mengabaikan bug yang muncul pada laman web.*


---------------
Pertemuan 4
---------------

1. Perangkat lunak yang berfungsi untuk membangun dan memelihara/updating web, yang dirancang
sedemikian rupa sehingga proses pembuatan dan pemeliharaan web lebih mudah, efektif dan efisien,
baik bagi orang yang mengerti tentang teknologi web maupun yang tidak.
Merupakan pengertian dari ....
a. HTML
b. PHP
c. CMD
d. WCMS*
e. CSS

2. CMS yang bertujuan untuk mengelola data personal atau blog adalah ....
a. WCMS Gallery
b. WCMS Personal/Blog*
c. WCMS E-Commerce,
d. WCMS E-Learning,
e. WCMS Portal,

3. Di bawah ini merupakan manfaat CMS, kecuali ....
a. Redudancy Data*
b. Mendukung web templating dan standarisasi.
c. Personalisasi server
d. Sindikasi
e. Akuntabilitas

4. Salah satu framework CSS dibawah ini adalah ....
a. Fuel PHP
b. Slum
c. Zend Framework
d. Symfoni
e. Bootstrap*

5. WYSIWYG merupakan singkatan dari ....
a. What You Select Is What You Get
b. When You See Is What You Get
c. What You See Is What You Get*
d. What You Saw Is What You Get
e. When You See Is What You Got


---------------
Pertemuan 5
---------------

1. Dibawah ini merupakan level testing, kecuali ....
a. Integration Test
b. Design Test*
c. Unit Test
d. System Test
e. Beta Test

2. Evaluasi interaksi unit terintegrasi yang di tes secara
berbeda dan terpisah merupakan pengertian dari ....
a. Integration Test*
b. Acceptance Test
c. Unit Test
d. System Test
e. Beta Test

3. Tes yang informal (tanpa rencana dan kasus) yang mempercayakan pada kreativitas pengguna yang
potensial merupakan ....
a. Integration Test
b. Acceptance Test
c. Unit Test
d. System Test
e. Beta Test*

4. Dibawah ini merupakan pengujian di Local Host, kecualli ....
a. Pengujian Unit*
b. Pengujian Loading Time
c. Pengujian Functionality
d. Pengujian Accesibility
e. Pengujian Interactivity

5. Memastikan bahwa situs web dapat diakses dengan baik
oleh pengguna, termasuk orang-orang cacat termasuk pengujian ....
a. Content
b. Accesibility*
c. Interactivity
d. Graphic Design
e. Struktur Navigasi


---------------
Pertemuan 6
---------------

1. Berikut ini adalah promosi online pada website, kecuali ....
a. Koran*
b. Affiliate Marketing
c. Search Engine Marketing
d. Content-related Marketing
e. Domain Management

2. Revenue sharing antara pemasang iklan online dengan penjual online/pemilik website melalui
perdagangan online produk, jasa/service atau pekerjaan dari aplikasi web milik sesorang yang
diintegrasikan ke aplikasi web affiliate adalah pengertian dari ....
a. Search Engine Marketing
b. Newsletters
c. Affiliate Marketing*
d. Content-Related Marketing
e. Milis

3. Sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet untuk melakukan kegiatan
tukar menukar informasi adalah ....
a. Search Engine Marketing
b. Newsletters
c. Affiliate Marketing
d. Content-Related Marketing
e. Milis*

4. Umpan balik terhadap suatu proses, kejadian atau layanan merupakan pengertian dari ....
a. Follback
b. Feedback*
c. Content
d. Webhosting
e. Upload

5. Pada saat memperbbarui situs web, kita dapat memperbarui ....
a. Desain Web
b. Fasilitas
c. Content
d. Webhosting
e. a, b, dan c benar*

========================================================================
Reply
#7
Nama               : Wiwit Marseli
Kelas               : 12.5A.21
Nim                 : 12160569
 
Soal Pertemuan 1
1.     www merupakan singkatan dari ?
a.      World Web Wide
b.     Web World Wide
c.      World Wide Web
d.     Wide World Web
e.      Wide Web World

2.     Layanan yang  memungkingkan pengguna bertukar, menyalin, dan menempatkan file data internet. Merupakan pengertian dari?
a.      Layanan WWW
b.     Layanan File Transfer Protocol
c.      Layanan E-mail
d.     Layanan Internet Relay Chat (IRC) atau chatting
e.      Ghoper

3.     Berikut ini yang merupakan jenis-jenis web berdasarkan sifatnya
a.     Web Statis, Web Dinamis
b.     Personal website , Web Statis
c.      Web Dinamis , Commercial Website
d.     Govermment Website
e.      Personal Website , Commercial Website

4.     Ada berapa elemen dan komponen website ?
a.      16
b.     13
c.      10
d.     15
e.      20

5.     Proses hubungan dagang bisnis ke bisnis, memudahkan pembelian atau penjualan antar perusahaan-perusahaan, shooping online. Merupakan pengertian dari
a.      Alat Pemasaran
b.     E-Learning
c.      Nilai Tambah
d.     E-News
e.      E-Commerce
 
Soal Pertemuan 2

1.     Proses mengembangkan atau mengubah suatu sistem perangkat lunak dengan menggunakan model-model dan metodologi yang digunakan orang untuk mengembangkan sistem-sistem perangkat lunak sebelumnya.
Kalimat diatas merupakan pengertian dari ?
a.     SDLC
b.     Inisisasi
c.      Pengembangan Konsep Sistem
d.     Pengembangan
e.      Disposisi

2.     Formulir pendaftaran, penyajian barang dan layanan, dan perbankan on-line. Merupakan contoh dari katgori aplikasi web?
a.      Informasional
b.     Transaksional
c.      Lingkungan Kerja Kolaboratif
d.     Interaktif (Informasi user-provided atau akses dikantor)
e.      Web Portal

3.     Sistem berbasis web akan berlanjut ke pengembangan ?
a.     Content-driven
b.     Inisiasi
c.      Disposisi
d.     Workflow
e.      Transaksional

4.     Ada berapa kelompok keahlian yang harus dimiliki oleh seorang perekayasa web?
a.      4
b.     3
c.      5
d.     6
e.      7

5.     Gabungan dari model waterfall dan model prototipe. Merupakan pengertian dari?
a.      Model Rapid Application Development (RAD)
b.     Model Spiral
c.      Model lteratif
d.     Model Waterfall
e.      Model Prototipe
 
Soal Pertemuan 3

1.     Struktur navigasi adalah
a.     Alur dari suatu program yang merupakan rancangan hubungan(rantai kerja)dari beberapa area yang berbeda dan dapat membantu mengorganisasikan seluruh elemen pembuatan website
b.     Menentukan kendala yang mungkin dihadapi dalam pengembangan web seperti anggaran dan jadwan,keterbatasan teknik, pemeliharaan web, pengembangan
teknologi, aturan pemerintah, dan aspek budaya.
c.      Menentukan kemampuan web sesuai dengan evolusi yang
berlangsung dengan melakukan peningkatan. Web harus dirancang up-to-date mengikuti perkembangan zaman.
d.     proses pengumpulan kebutuhan yang dilakukan secara intensif untuk menentukan spesifikasi web
e.      Alur dari suatu program yang merupakan bukan rancangan hubungan(rantai kerja)dari beberapa area yang berbeda dan dapat membantu mengorganisasikan seluruh elemen pembuatan website

2.     Secara singkat terdapat berapa jenis kebutuhan (Requirements Types) dalam pengembangan Web ?
a.      2
b.     3
c.      4
d.     5
e.      7

3.     Yang termasuk analisis kebutuhan adalah
a.     Functional Requirements
b.     Testing
c.      Support
d.     Maintenance
e.      Hirarki

4.     Pengujian untuk validasi memiliki beberapa pendekatan sebagai berikut
a.     White-Box Testing dan Black-Box Testing
b.     Support dan Maintenance
c.      Hirarki dan Linier
d.     Black-Box Testing dan Support
e.      White-Box Testing dan Hirarki

5.     Yang termasuk struktur navigasi
a.      Project Constraint
b.     Evolution Requirements
c.      Campuran
d.     User Interface Requirements
e.      Content Requirements
 
 
Soal Pertemuan 4
 
1.     Kepanjangan dari CMS adalah
a.     Content  Management System
b.     Conviguration Management System
c.      Content Management Software
d.     Content Management Server
e.      Content Management Skrip

2.     CMS yang banyak dipakai saat ini adalah Website
a.      Blogspot
b.     Portal
c.      WCMS
d.     E-Commerce
e.      E-Learning


3.     Mempunyai banyak layanan, seperti layanan berita, forum, mailing list, e-mail dan lainnya. Merupakan pengertian dari ?
a.      WCMS E-commerce
b.     WCMS Portal
c.      WCMS E-Learning
d.     WCMS Forum
e.      WCMS Personal/Blog

4.     Berikut yang termasuk contoh dari WCMS Forum adalah
a.      Gallery
b.     Compermine
c.      Nucleus
d.     phpBB
e.      Wordpress

5.     Framework terbagi menjadi dua yaitu
a.      Java dan Framework PHP
b.     Framework PHP dan Bootstrap
c.      Gumby dan Framework CSS
d.     Fondation dan Less Framework
e.      Framework PHP dan Framework CSS
 
 
Soal Pertemuan 5
 
1.     Pengujian disebut juga
a.     Testing
b.     System
c.      Integration
d.     Accaptance
e.      Localhost

2.     Yang termasuk pengujian di localhost adalah Kecuali
a.      Pengujian Usability
b.     Pengujian Sistem Navigasi (Struktur)
c.      Pengujian Content
d.     Pengujian Accesibility
e.      Testing

3.     Untuk menguji loading time, sebaiknya menggunakan kecepatan akses?
a.      Tercepat
b.     Terlambat
c.      Paling Cepat
d.     Mudah
e.      Susah

4.     Untuk menguji load atau beban sebuah web aplikasi pada skala enterprise yang terdiri dari kemampuan scripting yang mumpuni. Merupakan fungsi dari alat?
a.      LoadRunner
b.     ApacheJMeter
c.      Load Impact
d.     Webt
e.      WebLOAD

5.     Alat untuk menguji berbasis GUI di Windows yang digunkan untuk menguji web, mobile dan aplikasi berbasis dekstop. Merupakan kegunaan dari alat ?
a.      OWASP
b.     Ranorex
c.      Sahi
d.     Watir
e.      Load Impact
 
Soal pertemuan 6

 
1.     Promosi website terbagi menjadi berapa promosi?
a.     2
b.     3
c.      4
d.     5
e.      6

2.     Berikut yang bukan termasuk dari promosi online
a.      Newsletters
b.     Affiliate Marketing
c.      Domain Management
d.     Milis
e.      Promosi Offline

3.     Newsletters didistribusikan melalui?
a.      Website
b.     Google
c.      E-mail
d.     Media Cetak
e.      Brosur

4.     Suatu program yang mengambil halaman-halaman web, yang akan digunakan oleh mesin pencari. Merupakan pengertian dari ?
a.      Indexer
b.     Searcher
c.      Crawler
d.     AdWords
e.      Affilate Marketing

5.     Proses memindahkan atau memasang dari server lokal ke server hosting di sebut dengan ?
a.      Proces loading
b.     Proces Testing
c.      Proses Pengujian
d.     Proses Upload
e.      Proses Finishing
Reply
#8
(10-19-2018, 03:32 AM)admin Wrote: Soal untuk pertemuan 1-6. Masing-masing 5 soal mutliple choice.

Tuliskan NIM, Nama dan Kelas.

=======

NIM : 12165445
Nama : Bagastian Tri Laksana
Kelas : 12.5A.21

SOAL PERANCANGAN WEB PERTEMUAN 1-6

PERTEMUAN 1

1.      World Wide Web (WWW) adalah...
a.      Layanan yang  memungkinkan pengguna melakukan surfing internet untuk memperoleh suatu data atau informasi tertentu
b.      Layanan pencarian file dan informasi
c.      Layanan interaksi secara remote antar computer yang terhubung di internet
d.      Layanan komputer suara
e.      Layanan untuk bertukar File Data di Internet

2.      Layanan interaksi secara remote antar computer yang terhubung di internet…
a.      FTP
b.      IRC
c.      VoIP
d.      Ghosper
e.      Telnet

3.      Merupakan website yang content-nya sangat jarang diubah…
a.      Web Statis
b.      Web Dinamis
c.      Personal Website
d.      Commercial Website
e.      Government Website

4.      Elemen atau komponen website yang biasanya berisi informasi tambahan dan navigasi dari sebuah website…
a.      Konten/Isi
b.      Sidebar
c.      Widget
d.      Header
e.      Footer

5.      Berikut ini adalah tujuan pembuatan website kecuali…
a.      Alat Pemasaran
b.      Nilai Tambah
c.      E-News
d.      Komunitas
e.      Perkenalan

PERTEMUAN 2

1.      Berikut ini adalah tahapan-tahapan pada SDLC, kecuali…
a.      Inisiasi (Initiation)
b.      Desain (Design)
c.      Pengembangan Konsep Sistem
d.      Perhitungan laba
e.      Pengembangan

2.      Model SDLC yang cocok digunakan untuk menggali spesifikasi kebutuhan pelanggan secara lebih detail tetapi beresiko tinggi terhadap membengkaknya biaya dan waktu proyek adalah
a.      Model Waterfall
b.      Model Prototipe
c.      Model RAD
d.      Model Iteratif
e.      Model Spiral

3.      Subdisiplin dari rekayasa perangkat lunak yang membantu menyediakan metodologi untuk merancang, mengembangkan, memelihara dan melibatkan aplikasi Web disebut...
a.      SDLC
b.      Web Design
c.      Rekayasa Web
d.      Rekayasa aplikasi
e.      Coding

4.      Salah satu rekayasa web multidisipliner…
a.      Rekayasa informasi
b.      Rekayasa pemodelan
c.      Rekayasa simulasi
d.      Perancangan kebutuhan
e.      Manajemen proyek

5.      Pemahaman rekayasa Web sebagai bidang multidisipliner yang menggabungkan teknik, rekayasa, sosial, politik, pemasaran, legalitas, etika, budaya, estetika,dan isu pedadogis
a.      Keahlian spesifik
b.      Keahlian mata
c.      Keahlian fisik
d.      Keahlian umum
e.      Keahlian prasyarat

PERTEMUAN 3

1.      Merupakan proses pengumpulan kebutuhan yang dilakukan secara intensif untuk menentukan spesifikasi web agar dapat dipahami oleh pengguna…
a.      Analisa Kebutuhan
b.      Desain Perangkat lunak
c.      Pembuatan Kode
d.      Pengujuan
e.      Pendukung

2.      Yang merupakan jenis kebutuhan dalam pengembangan web, kecuali…
a.      Functional Requirements
b.      Content Requirements
c.      Quality Requirements
d.      Culture Requirements
e.      Evolution Requirements

3.      Menentukan kemudahan dari penggunaan web oleh pengguna meliputi aspek penting yang meliputi struktur navigasi dan user interface…
a.      Functional Requirements
b.      System Environment Requirements
c.      User Interface Requirements
d.      Evolution Requirements
e.      Project Requirements

4.      Salah satu pemodelan basis data relational dapat dibuat  dengan menggunakan ERD (Entity Relationship Diagram) yang bertujuan untuk menggambarkan data yang berelasi  pada sebuah database…
a.      Desain Basis Data
b.      Desain Perangkat Lunak
c.      Desain Non-Linier
d.      Desain Antar Muka
e.      Desain Struktur Navigasi

5.      Berikut ini adalah jenis-jenis struktur navigasi, kecuali…
a.      Linier
b.      Non-Linier
c.      Hirarki
d.      Non-hirarki
e.      Campuran

PERTEMUAN 4

1.      Suatu metoda mengelola sebuah content/isi. Content bisa   berupa teks, suara, gambar video, animasi dan aplikasi lainnya yang disimpan dalam sebuah data base sehingga  mudah dalam pengelolaannya adalah…
a.      PHP
b.      CMS
c.      Metode perancangan
d.      Metode Server
e.      Metode Bahasa

2.      Joomla, drupal, merupakan contoh jenis WCMS…
a.      Portal
b.      E-commerce
c.      E-Learning
d.      Forum
e.      Gallery

3.      Berikut adalah jenis-jenis WCMS, kecuali…
a.      Forum
b.      Gallery
c.      Personal/Blog
d.      E-book
e.      E-Learning

4.      Salah satu manfaat CMS adalah…
a.      Personalisasi server
b.      Hemat biaya
c.      Sederhana
d.      Tidak ada sindikasi
e.      Mudah berbagi

5.      Sebuah perangkat lunak blog yang ditulis dalam PHP dan mendukung system basis data MySQL. Dan di distribusikan dengan lisensi GNU General Public License adalah
a.      Blog
b.      Social Media
c.      WordPress
d.      CMS
e.      Web

PERTEMUAN 5

1.      Level Testing yang pengujiannya dilakukan selama tahapan implementasi…
a.      Integration Test
b.      System Test
c.      Organizer Test
d.      Unit Test
e.      Beta Test

2.      Sebuah aktivitas untuk mengevaluasi kualitas dari  sebuah produk dan untuk memperbaiki produk dengan mengidentifikasi kerusakan dan masalahnya…
a.      Testing
b.      Coding
c.      Programming
d.      Help networking
e.      Directing

3.      Berikut adalah contoh pengujian di local host, kecuali…
a.      Pengujian Usability
b.      Pengujian Content
c.      Pengujian Loading time
d.      Pengujian Accesibility
e.      Pengujian Location

4.      Alat yang berfungsi untuk menguji load atau beban sebuah web aplikasi pada skala enterprise yang terdiri dari kemampuan scripting yang mumpuni sehingga Anda dapat menguji dengan baik adalah…
a.      WebLOAD
b.      LoadRunner
c.      ApacheJMeter
d.      Webt
e.      Load Impact

5.      Merupakan sebuah alat yang bisa cross-platform yang sudah cukup terkenal, fokusnya adalah pada keamanan aplikasi web,dan menciptakan teknik yang free,serta dilengkapi dokumentasi…
a.      Webt
b.      OWASP
c.      Ranorex
d.      Load Impact
e.      Watir

PERTEMUAN 6

1.      Yang merupakan contoh promosi online adalah…
a.      Koran
b.      Televisi
c.      Pamflet
d.      Search Engine Marketing
e.      Surat

2.      Yang merupakan contoh promosi offline adalah…
a.      Koran
b.      Newsletters
c.      Milis
d.      Affiliate Marketing
e.      Domain Management

3.      Revenue sharing antara pemasang iklan online dengan penjual online/pemilik website melalui perdagangan online produk,jasa/service atau pekerjaan dari aplikasi web milik sesorang yang diintegrasikan ke aplikasi web…
a.      Milis
b.      Affiliate Marketing
c.      Domain Management
d.      Newsletter
e.      Search Engine Marketing

4.      Merupakan suatu program yang mengambil halaman halaman web,yang akan digunakan oleh mesin pencari…
a.      Indexer
b.      Seacher
c.      Clawler
d.      Newsletter
e.      Milis

5.      Yang merupakan salah satu contoh update situs web adalah…
a.      Memperbarui web
b.      Memperbarui kebutuhan
c.      Memperbarui pengunjung
d.      Memperbarui situs
e.      Memperbarui content
Reply
#9
(10-19-2018, 03:32 AM)admin Wrote: Soal untuk pertemuan 1-6. Masing-masing 5 soal mutliple choice.

Tuliskan NIM, Nama dan Kelas.

=======
12166228_Khoirunnisa Primanda_12.5A.21


Pertemuan 1
 
1.     Apa yang di maksud dengan web dinamis?
a.     website yang content-nya sangat jarang diubah.
b.     web yang menyediakan content atau isi yang selalu berubah-ubah setiap saat. website yang berisi informasi pribadi seseorang
c.     website yang diiliki oleh sebuah perusahaan yang bersifat bisnis
d.     website yang dimiliki oleh instasi pemerintahan, pendidikan yang bertujuan memberikan pelayanan kepada pengguna.
 
2.     Salah satu jenis web berdasarkan bahasa pemograman :
a.     personal website
b.     commercial website
c.     client side
d.     web dinamis
e.     non-profit organization website
 
3.     Berikut adalah jenis-jenis web berdasarkan fungsinya, kecuali :
a.     personal website
b.     web statis
c.     goverment website
d.     non-profit organization website
e.     server side
 
4.     Apa yang dimaksud dengan personal website?
a.     website yang berisi informasi pribadi seseorang
b.     website yang dimiliki oleh sebuah perusahaan yang bersifat bisnis
c.     website yang dimiliki oleh instasi pemerintahan, pendidikan yang bertujuan memberikan pelayanan
d.     kepada pengguna
e.     website yang content nya sangat jarang diubah
f.      website yang tidak membutuhkan server dalam menjalankannya, cukup diakes melalui browser saja.
 
5.     Sebuah daerah pada website yang isinya berupa informasi tertentu dan memiliki fungsi tertentu pula, merupakan pengertian dari :
a.     Title
b.     menu
c.     widget
d.     sidebar
e.     navbar
 
 
Pertemuan 2
 
1.     Model yang merupakan gabungan dari model waterfall dan model prototipe adalah :
a.     model spiral
b.     model RAD
c.     model prototipe
d.     model waterfall
e.     model iterati
 
2.     Salah satu keahlian umum seorang perekayasa adalah :
a.     manajemen dan perencanaan proyek
b.     pemahaman filosofis pengembangan rekayasa web
c.     pemahaman cakupan sistem dan konteks dari aplikasi rekayasa web
d.     pemograman dan pemodelan berorientasi dengan UML dan Java, atau dengan bahasa
e.     yang serupa
f.      pemograman web dengan HTML, JavaScript, CGI Script, dan PHP, atau dengan bahasa yang serupa
 
3.     Contoh dari web portal antara lain :
a.     belanja elektronik
b.     kelompok chat
c.     mal belanja elektronik
d.     manajemen inventori
e.     tool desain kolaboratif
 
4.     Dibawah ini merupakan prinsip-prinsip rekayasa web secara khusus, kecuali :
a.     analisis dan spesifikasi kebutuhan
b.     manusia dan aspek-aspek budaya
c.     pembaruan (update) dan pemeliharaan
d.     manajemen dan perencanaan proyek
e.     integrasi dengan sistem warisan
 
5.     Pemodelan analisis adalah :
a.     pemahaman rekaya web
b.     pemahaman cakupan sistem dan konteks dari aplikasi web
c.     pemahaman kebutuhan masalah
d.     pengembangan filodofis pengembangan rekayasa web
e.     pengembangan prototipe
 
 
 
 
Pertemuan 3
 
1.  Dibawah ini merupakan tahapan dalam merancang web menggunakan model waterfall :
a.     quality requirements
b.     content requiretements
c.     testing
d.     functional requiretements
e.     user interface requiretements

2.  Menentukan bagaimana aplikasi web dapat diterima oleh masyarakat merupakan pengertian dari :
a.     user interface requiretements
b.     system environment requiretements
c.     quality requiretements
d.     content requiretements
e.     functional requiretements

3.  Tampilan web yang dilihat oleh pengunjung ataupun member merupakan pengertian dari :
a.     back-end
b.     fornt-end
c.     ERD
d.     struktur navigasi
e.     database

4.  Jika salah satu halaman pendukung diaktifkan, maka tampilan tersebut akan bernama master page,    halaman utama kedua. Pada struktur navigasi ini tidak diperkenankan adanya tampilan secara ...
a.     hirarki
b.     non-linier
c.     campuran
d.     linier
e.     composite
 
5.  Struktur yang tergabung dari ketiga struktur sebelumnya yang digunakan dalam pembuatan aplikasi multimedia adalah struktur :
a.     hirarki
b.     linier
c.     campuran
d.     non-linier
e.     desain antar muka
 
 
 
Pertemuan 4
 
1. CMS yang bertujuan untuk mengelola data personal atau blog adalah :
a.     wcms forum
b.     wcms gallery
c.     wcms personal/blog
d.     wcms e-commerce
e.     wcms e-learning

2.  Contoh wcms portal, kecuali :
a.     layanan berita
b.     e-mail
c.     mailing list
d.     forum
e.     prestashop
 
3. Dibawah ini merupakan keunggulan wordpress :
a.     sederhana dan cukup mudah dioperasikan
b.     diklaim sebagai CMS open source dengan pengguna terbanyak didunia
c.     banyak pihak pengembang yang terus menambahkan konten-konten
d.     Mendapat kepercayaan dunia dan beberapa kali menerima penghargaan
a.     sebagai CMS open source terbaik dunia
e.     Digunakan oleh situs Web yang sederhana hingga situs Web yang
b.     profesional

4. Yang merupakan contoh dari framework CSS adalah
a.     laravel
b.     less framework
c.     yii
d.     foundation
e.     symfoni

5. Yang merupakan contoh dari framework PHP adalah :
a.     gumby
b.     blue print CSS
c.     codeigniter
d.     bootstrap
e.     jquery UI
 
 
 
Pertemuan 5
 
1.  Pengujian yang berdiri sendiri merupakan level testing dari :
a.     Unit test
b.     intergration test
c.     system test
d.     acceptance test
e.     beta test

2.  Tes yang informal (tanpa rencana dan kasus) yang mempercayakan pada kreativitas pengguna yang potensial merupakan pengertian dari :
a.     unit test
b.     intergration test
c.     system test
d.     acceptance test
e.     beta test
 
3.  Parameter dari pengujian stuktur navigasi :
a.     kemudahan situs untuk dipelajari
b.     kepuasan pengguna akan website
c.     apakah navigasi situs web mudah dipelajari
d.     apakah text-nya mudah dibaca
e.     apakah layout grafiknya konsisten
 
4.  Validasi Accessibility merupakan pengujian :
a.     loading time
b.     functionality
c.     internet
d.     content
e.     compatibility
 
5.  Alat untuk menguji berbasis GUI di windows yang digunakan untuk menguji web, mobile dan aplikasi berbasis desktop adalah :
a.     OWASP
b.     ranorex
c.     sahi
d.     watir
e.     webt
 
Pertemuan 6
 
1. Promosi online melalui media elektronik antara lain :
a.     majalah
b.     koran
c.     televisi
d.     kartu nama
e.     pamflet

2. Mesin pencari promosi adalah :
a.     search engine
b.     affiliate marketing
c.     content-related marketing
d.     domain management
e.     milis

3.  Sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet untuk melakukan kegiatan tukar menukar informasi adalah pengertian dari :
a.     search engine
b.     affiliate marketing
c.     domain management
d.     milis
e.     content-related marketing

4.  Fungsi dari perfoma situs (website performance) adalah :
a.     umpan balik terhadap suatu proses, kejadian atau layanan.
b.     memungkinkan perkembangan sebuah website menjadi sesuai dengan kebutuhan pengguna (Update situs web).
c.     mengontrol, memberikan kontribusi dan mengembangkan sebuah website.
d.     Untuk melihat aliran data dapat melihat statistik situs web. Disini dapat diketahui banyaknya pengunjung, siapa yang mengunjungi, seberapa suka pengunjung pada website dan juga halaman mana saja yang sering dikunjungi.
e.     Untuk melakukan evaluasi dapat digunakan performa situs
 
5.  Suatu program yang mengambil halaman-halamn web yang akan digunakan oleh mesin pencari merupakan pengertian dari :
a.     crawler
b.     indexer
c.     searcher
d.     banner exchange
e.     pay per click
Reply
#10
(10-19-2018, 03:32 AM)admin Wrote: Soal untuk pertemuan 1-6. Masing-masing 5 soal mutliple choice.

Tuliskan NIM, Nama dan Kelas.

=======

Nama : Dwi Rahayu
Kelas  : 12.5A.21
NIM    : 12165548


PERANCANGAN WEB
SOAL DAN JAWABAN
 
Pertemuan 1
1.      Sebuah sistem penyebaran informasi melalui internet dimana informasi yang dikirimkan dapat berupa teks, suara (audio), animasi, gambar, dan bahkan dalam format video yang dapat diakses melalui sebuah software yang disebut browser, adalah pengertian dari ?
a.       World Wide Web
b.      Internet
c.       Email
d.      Opera
 
2.      Pengelompokan jenis web berdasarka sifat atau style-nya, yaitu?
a.       Web Statis
b.      Web Statis dan Web Dinamis
c.       Web Dinamis
d.      Web Server
 
3.      Nama domain adalah?
a.       Judul atau nama dari sebuah halaman web
b.      Alamat lengkap rumah kita
c.       Nama alias dari sebuah website
d.      Situs berupa informasi dan artikel yang biasanya terletak di bagian tengah
 
4.      Berisi informasi tambahan dan navigasi dari sebuah website?
a.       Nama Domain
b.      Widget
c.       Navbar
d.      Sidebar
 
5.      Tema dan tujuan pembuatan website salah satunya untuk menampilkan informasi produk atu jasa dari suatu perusahaan untuk menjaring minat konsumen, yaitu?
a.       Alat Pemasaran (Marketing Tool)
b.      E-Commerce
c.       E-Learning
d.      Nilai Tambah
 
Pertemuan 2
1.      Proses pengembangan atau mengubah suatu sistem perangkat lunak dengan menggunakan model- model dan metodologi yang digunakan orang mengembangkan sistem-sistem perangkat lunak sebelumnya adalah?
a.       Software Development Life Cycle
b.      Programing
c.       System Concept Development
d.      Development
 
2.      Model cocok digunakan untuk menggali spesifikasi kebutuhan pelanggan secara lebih detai tetapi beresiko tinggi terhadap membengkaknya biata dan waktu proyek.
a.       Model Waterfall
b.      Model Prototipe
c.       Model Rapid Application Development
d.      Model Spiral
 
3.      Seorang perekayasa web juga diharapkan memiliki ketiga kelompok keahlian yaitu?
a.       Keahlian Prasyarat,KeahlianSpesifik, Keahlian Umum
b.      Keahlian Prasyarat,Keahlian Merancang,Keahlian Umum
c.       Keahlian Umum,Keahlian Merancang, Keahlian Spesifik
d.      Keahlian Spesifik, Keahlian Mendesain, Keahlian Umum
 
4.      Pemahaman rekayasa web sebagai bidang multidisiliner yang menggabungkan teknik, rekayasa, sosial, politik, pemasaran, legalitas, etika, budaya, estetika, dan isu peadogis adalah?
a.       Keahlian Spesifik
b.      Keahlian Umum
c.       Keahlian Prasyarat
d.      Keahlian Web
 
5.      Surat kabar online, katalog-katalog produk, surat kabar, service manual, online classified, dan buku elektronik online merupakan kategori aplikasi web, yaitu?
a.       Interaktif
b.      Informasional
c.       Workflow
d.      Web Portal
 
Pertemuan 3
1.      Representasi antar muka atau spesifikasi rancangan tampilan web merupakan desain perangkat lunak yaitu?
a.       Desain Antar Muka
b.      Desain Basis Data
c.       Desain Navigasi
d.      Desain Struktur Navigasi
2.      Jenis-jenis struktur navigasi antara lain?
a.       Inteface
b.      Liner
c.       Evolution Requirements
d.      Project Constraint
 
3.      Suatu struktur yang mengandlakan percabangan untuk menampilkan data berdasarkan kriteria tertentu adalah?
a.       Liner
b.      Non-Liner
c.       Hirarki
d.      Campuran (Composite)
 
4.      Menguji perangkat lunak dari segi desain dan kode proram apakah mampu menghasilkan fungsi-fungsi masukan dan keluaran sesuai dengan spesifikasi kebutuhan merupakan pengertian dari?
a.       White-Box Testing
b.      Black-Box Testing
c.       Maintenance
d.      Support
 
5.      Tahapan dalam merencanakan web menggunakan Model SDLC Waterfall menyediakan alur secara terurut mulai dari?
a.       Analisis, Desain, Pengodean, Pengujian, dan Tahap Pendukung
b.      Analisis, Tahap Pendukung , Pengodean, Pengujian, dan Desain
c.       Tahap Pendukung Analisis, Pengodean, Pengujian, dan Desain
d.      Pengodean, Pengujian, Desain, Analisis, dan Tahap Pendukung
 
Pertemuan 4
1.      Perangkat lunak yang berfungsi untuk membangun dan memelihara/updating web, yang dirancang sedemikian rupa sehingga proses pembuatan dan pemeliharaan web lebih mudah, efektif dan efisien, baik bagi orang yang mengerti tentang teknologi web maupun yang tidak adalah pengertian dari?
a.       WCMS
b.      CMS
c.       Framework
d.      Apache
 
2.      Contoh WCMS E-Learning yaitu?
a.       Layanan Berita
b.      aTutor
c.       Prestashop
d.      PhpShop
3.      Alasan utama memilih CMS sebagai basis website yang akan dibangun adalah?
a.       Manajemen data
b.      Personal Server
c.       Kemudahan yang ditawarkan
d.      Mengatur siklus hidup sistem
 
4.      Diasumsikan terhubung dengan internet/intranet, yaitu?
a.       Server Web
b.      Jomla
c.       Skrip PHP
d.      Basis data MySQL
 
5.      Sekumpulan perintah atau fungsi dasar yang dapat membantu dalam menyelesaikan proses-proses yang ebih kompleks.
a.       Jomla
b.      Framework
c.       WCMS
d.      Bahasa Pemrograman
 
Pertemuan 5
1.      Jika hasil yang dijalankan tidak sama dengan hasil yang diharakan adalah?
a.       Error
b.      Testing
c.       Waste of time
d.      Beta test
 
2.      Pengujian Situs Web dibagi menjadi?
a.       1
b.      2
c.       3
d.      4
 
3.      Menggunakan kecepatan akses terlambat, agar dapat memastikan bahwa pengguna mau mengakses situs. Merupakan pengujian?
a.       Pengujian Functionality
b.      Pengujian Accesibility
c.       Pengujian Loading Time
d.      Pengujian Interactivity
 
4.      WebLOAD, LoadRunner, ApacheJMeter, Webt, Load Impact, Sahi, Watir, Ranorex, OWASP merupakan Tools pengujian?
a.       Tools Pengujian Web
b.      Tools Pengujian Internet
c.       Tools Pengujian Windows
d.      Tools Pengujian Project
 
5.      Sebuah oengujian web yang bisa cross-platform yang sudah cukup terkenal, fokusnya dalah pada keamanan aplikasi web, dan menciptakan teknik yang freem serta dilengkapi dokumentasi merupakan pengertian dari?
a.       Ranorex
b.      OWASP
c.       LoadRunner
d.      Webt
 
Pertemuan 6
1.      Merupakan media yang efektif untuk mendapatkan pelanggan baru dan menyediakan informasi yntuk pelanggan serta membentuk relasi yang kuat merupakan pengertian dari?
a.       Newsletters
b.      Affiliate Marketing
c.       Search Engine Marketing
d.      Milis
 
2.      Sering terkait dengan hilangnya identitas sendirri, menawarkan bentuk yang efisien dari iklan dengan biaya startup relatif rendah untuk menarik lebih banyak pengunjung dan untuk membuat situs web populer, merupakan pengertian dari?
a.       Newsletters
b.      Affiliate Marketing
c.       Search Engine Marketing
d.      Milis
 
3.      Contoh Search Engine Marketing
a.       Google
b.      Mozila
c.       Opera
d.      Chrom
 
4.      Berfungsi sebagai interface antara user dengan keseluruhan sistem.
a.       Indexer
b.      Crawler
c.       Engine
d.      Searcher
 
5.      Memperbarui situs web dengan sesuatu yang baru, dengan mempertimbangkan kebutuhan pengunjung dan situs web sendiri, yaitu pengertian dari?
a.       Update Situs Web
b.      Feedback
c.       Upload Situs Web
d.      Webhosting
 
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)