Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Tugas Laporan Riset Perusahaan
#1
Anggota Kelompok :

1.ATIKAH                                    (12155311)
2.LASTRIYAH                               (12155461)
3.ISNAENI NURUL HANIFAH          (12155273)
4.TRIES SUSANTI                         (12155547)
5.MARLINA                                  (12155268)


KATA PENGANTAR
 
Puji dan Syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa atas segala rahmatNYA sehingga makalah ini dapat tersusun hingga selesai.
Tujuan utama penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah ”ANALISIS PERANCANGAN SISTEM INFORMASI”yang berjudul  “Analisa Mengenai Pelayanan Konsumen Pada Ahas Cabang Purwokerto” tidak lupa  Kami sangat berterima kasih kepada dosen pengampu mata kuliah Analisis Perancangan Sistem Informasi “Sutrisno”yang memberikan bimbingan ,saran,ide dan kesempatan untuk meberi tugas mata kuliah Metode Penelitian  yang berjudul “Analisiis Pelayanan Konsumen Pada Ahas Cabng Purwokerto”serta teman-teman yang ikut membantu dalam melaksanakan jalanya  riset ini.Penulis menyadari bahwa makalah ini belumlah sempurna.oleh karna itu,saran dan kritik yang membangun dari rekan-rekan sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan makalah ini.
Akhir kata,penulis berharap semoga makalah ini dapat berguna bagi kami khusunya dan bagi para pembaca umumya.
 
 
 
                                                                                         Purwokerto,18 Mei 2017
 
Penulis
 
 
 
 
DAFTAR ISI
Kata Pengantar........................................................................................................ 2
DAFTAR ISI........................................................................................................... 3

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Masalah.................................................................................... 5
1.2 
Maksud dan Tujuan........................................................................................... 7
1.3 
Metode Penelitian ............................................................................................. 7
1.4 Ruang Lingkup.................................................................................................. 8
1.5 Sistematika Tulisan............................................................................................ 9
BAB II LANDASAN TEORI
2.1 Konsep Dasar Sistem........................................................................................... 10
2.1 Peralatan Pendukung(Tools System).................................................................... 10
BAB III ANALISA SISTEM BERJALAN
3.1 Gambaran Umum Perusahaan.............................................................................. 12
3.2 Tinjauan Perusahaan............................................................................................ 12
       3.2.1 Sejarah Perusahaan.................................................................................... 12
       3.2.2 Visi dan Misi Perusahaan........................................................................... 12
       3.2.3 Standar Penampilan dari Mekanik............................................................. 12
       3.2.4 Standar Percakapan Dengan Konsumen.................................................... 12
       3.2.5 Fasilitas Pelayanan AHASS...................................................................... 13
       3.2.6 Kiat Sukses Dalam Menarik Pelangga....................................................... 13
       3.2.7 Sistem pembayaran.................................................................................... 13
       3.2.8 Cabang AHASS........................................................................................ 13
       3.2.9 Suplay Barang............................................................................................ 13
       3.2.10 Siklus Barang........................................................................................... 14
       3.2.11 Sistem penataan Barang........................................................................... 14
       3.2.12 Cara Mengetahui Stok Barang................................................................. 14
       3.2.13 Struktur Organisasi.................................................................................. 15
3.3 Prosedur Sistem Berjalan..................................................................................... 15
3.4 Diagram Alir Data (DAD) Sistem Berjalan......................................................... 16
3.5 Kamus Data Sistem Berjalan............................................................................... 17
3.6 Spesifikasi Sistem Berjalan.................................................................................. 18
        3.6.1 Spesifikasi Bentuk Dokumen Masukan.................................................... 18
        3.6.2 Spesifikasi Bentuk Dokumen keluaran..................................................... 18
 
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan.......................................................................................................... 19
3.2 Saran.................................................................................................................... 19
Lampiran Dokumentasi.............................................................................................. 20
Lampiran Dokumen................................................................................................... 23
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
BAB I
               PENDAHULUAN
 
1.1.            Latar Belakang Masalah
Perkembangan industri otomotif di Indonesia sangat cepat dan cenderung meningkat tiap tahunnya, seiring dengan kebutuhan dan permintaan masyarakat akan sarana transportasi yang memadai. Semakin banyaknya jumlah pengguna sepeda motor, untuk itulah secara tidak langsung konsumen juga membutuhkan sarana dan prasarana untuk merawat maupun memperbaiki kendaraannya tersebut agar layak pakai, tidak kalah dengan produk baru dan dapat dijual dengan harga yang tinggi. Hal ini menimbulkan persaingan yang ketat terutama pada penyedia jasa servis antara dealer resmi yang bekerja sama dengan merk-merk sepeda motor tertentu yang saling bersaing untuk mendapatkan konsumen. Oleh karena itu penyedia jasa lebih meningkatkan tujuan yang lebih baik yakni bagaimana cara menumbuhkan konsumen yang puas atas jasa yang diberikan kearah konsumen yang loyal.
Loyalitas pelanggan bukanlah suatu hal yang mudah dibentuk, karena penyedia jasa haruslah terlebih dahulu memberikan kepuasan kepada pelanggannya. Kepuasan tersebut dapat dicapai dengan memberikan kualitas pelayanan yang optimal kepada pelanggan. Loyalitas pelanggan dapat terbentuk apabila pelanggan merasa puas dengan tingkat layanan yang diterima, dengan tingkat layanan yang diterima sudah melebihi harapan dari pelanggan maka kemungkinan besar kepuasan pelanggan akan terbentuk, dan dengan adanya kepuasan pelanggan akan menuju ke loyalitas pelanggan terhadap jasa yang kita tawarkan.
Untuk mengatasi masalah pada loyalitas pelanggan tersebut, maka diperlukan strategi pemasaran yang tepat agar mendapatkan persepsi positif dipasar sehingga konsumen akan selalu menggunakan jasa dari AHASS tersebut. Salah satu cara agar konsumen menjadi loyal/setia terhadap jasa yang ditawarkan adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanan. Karena pelayanan yang baik akan membuat konsumen menjadi puas dalam menggunakan jasa perusahaan, setelah puas maka konsumen akan selalu menggunakan jasa perusahaan atau dalam arti lain akan muncul loyalitas pelanggan.
Kualitas pelayanan merupakan variabel yang sangat penting peranannya dalam membentuk kepuasan pelanggan, kualitas itu sendiri adalah keseluruhan dari karakteristik dan fitur dari suatu produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan dalam memenuhi kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, maka kualitas pelayanan harus menjadi perhatian yang utama bagi perusahaan penyedia jasa. Karena kualitas pelayanan yang baik akan membentuk kepuasan pelanggan yang baik pula, apabila pelanggan sudah merasa puas maka akan berdampak positif kepada loyalitas pelanggan tersebut terhadap perusahaan.
Menjadi tren dan kebiasaan baru di masyarakat yang akan terus berkembang seiring dengan isu bahannya bahan bakar, kemacetan dan waktu jelajah di Indonesia.
Permintaan pasar akan kendaraan bermotor yang sedemikian tingginya, dihadapi oleh para produsen otomotif sepeda motor untuk saling berpacu mendapatkan produk yang mampu memenuhi seluruh permintaan calon pembeli. Secara umum antara lain adalah faktor kualitas produk, hemat bahan bakar, praktis penggunaannya, kenyamanan berkendara, kelanggengan produk, dan yang terpenting adalah harganya harus terjangkau masyarakat. Namun seiring perkembangan jaman, permintaan tersebut melebar hingga menciptakan segmen baru dalam masyarakat, sebagai contoh produk utama harus dilengkapi dengan teknologi mesin lebih besar, model gagah, ruang lebih besar dan nyaman, mendapatkan kemewahan walaupun harganya lebih mahal, bahkan harus mudah mencari spare part jika kendaraan mengalami kerusakan. Semua tantangan ini harus dijawab cepat, baik dan tepat bagi produsen otomotif di Indonesia jika ingin tetap eksis dalam menjual produk dan selalu menguntungkan.
Salah satu dunia usaha yang berkembang pesat karena adanya peningkatan pembelian sepeda motor saat ini adalah dalam usaha jasa perbengkelan. Seiring dengan selalu meningkatnya jumlah produksi sepeda motor menyebabkan jasa perbengkelanpun semakin dibutuhkan. Hal ini sangat dipengaruhi jumlah sepeda motor dari tahun ke tahun terus bertambah tersebut. Bengkel – bengkel sepeda motor saat ini tetap ramai pengunjung meskipun dengan keadaan persaingan yang ketat. Banyaknya jumlah pengendara sepeda motor menjadi salah satu penyebabnya. Bengkel yang memiliki kualitas terbaik dan memenuhi kepuasan pelangganlah yang paling ramai dan memiliki pelanggan yang loyal. Hal ini mencakup kenyamanan, harga atau biaya yang bersaing serta fasilitas bengkel yang lengkap seperti sarana penunjang yang lengkap serta peralatan dan perlengkapan yang canggih (factory look) sesuai standar serta yang memperkerjakan mekanik-mekanik yang mempunyai skill dan kemampuan yang terbaik tentang sepeda motor.
Saat ini keberadaan bengkel sepeda motor sudah semakin mudah kita jumpai, terutama bengkel-bengkel resmi dari pabrikan sepeda motor yang sudah cukup kita kenal seperti Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki. Diantara kelima parbikan motor tersebut, bengkel resminya yang paling banyak dijumpai saat ini adalah bengkel resmi dari sepeda motor Honda yakni yang berlogo AHASS. Bengkel resmi sepeda motor Honda yakni AHASS (Astra Honda Authorized Serviced Station) tersebar diberbagai daerah di Indonesia yang dipilih sesuai dengan jumlah penyebaran sepeda motor Honda dan kebutuhan akan perlunya layanan purna jual yang baik.
1.2   Maksud dan Tujuan
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi dan juga sebagai acuan untuk penelitian yang selanjutnya. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah sebagai berikut :
 
1.Untuk mengetahui tanggapan responden terhadap kepuasan pelanggan setelah menggunakan jasa AHASS.
2. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan bengkel resmi sepeda motor AHASS.
3 Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan bengkel resmi sepeda motor AHASS.
1.3  Metode Penelitian
 
                        Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Yaitu penelitian yang menggambarkan secara tepat sifat – sifat suatu keadaan suatu subjek atau objek. Penelitian deskriptif dalam pelaksanaannya lebih terstruktur, sistematis dan terkontrol, peneliti memulai dengan subjek yang telah lebih jelas dan mengadakan penelitian atas populasi dan sampel dari subjek tersebut untuk menggambarkan secara akurat Penelitian ini dilakukan di AHAS 1512 PT Armada Tunas Jaya JL.Baturaden km 5,5 Pabuaran,Purwokerto Utara  . Alasan peneliti memilih lokasi  AHAS tersebut adalah karna kualitas pelayanan yang diberikan memuaskan dan terpercaya.
Informasi tambahan yaitu pihak – pihak yang secara langsung bertanggung jawab di AHAS tersebut. Maka untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data sebagai berikut :
 
Data Primer
             Data primer adalah pengumpulan data atau informasi melalui kegiatan penelitian langsung kelokasi penelitian  mencari fakta yang berkaitan dengan masalah yang diteliti yaitu dengan cara :
 
Observasi,yaitu dengan cara mengamati langsung  ke bengkel AHAS Tersebut dan melakukan wawancara langsung  ke Kepala bagian AHAS yaitu “Aris Kurniawan”.
 
1.4 Ruang Lingkup
 
Dalam penelitian ini penulis memberi batasan agar penelitian yang dilakukan lebih terarah dan tidak terjadi pembahasan yang terlalu luas yang dapat menyebabkan perbedaan pemahaman antara penulis dan pembaca. Batasan masalah yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
 
1.          Sejarah, visi dan misi, tugas dn tanggung jawab dari store crew, standar penampilan dari mekanik, standar percakapan dengan konsumen, fasilitas pelayanan, sistem pembyaran dll.
2.          Penelitian ini juga dibatasi dengan wawancara mengenai sistematika segala hal yang  berhubungan dengan barang.
 
 
 
1.5 Sistematika Tulisan
 
                 Untuk memahami lebih jelas laporan ini, maka materi-materi yang tertera pada Laporan Skripsi ini dikelompokkan menjadi beberapa sub bab dengan sistematika penyampaian sebagai berikut :
 
BAB I PENDAHULUAN
Berisi tentang latar belakang masalah, maksud dan tujuan, metode penelitian, ruang lingkup dan sistematika tulisan dalam pembuatan laporan ini.
 
BAB II LANDASAN TEORI
Berisi tentang konsep dasar sistem dan peralatan pendukung (TOOLS SYSTEMS) dari hasil penelitian yang kami laksanakan.
 
BAB III ANALISA SISTEM BERJALAN
Dalam bab ini berisi tentang sejarah singkat AHASS yang kami dapatkan dari hasil wawancara, visi dan misi, tugas mekanik, fasilitas, barang yang disediakan dan pembahasan lainnya.
 
BAB IV PENUTUP
Berisi tentang keimpulan dan saran dari pembuatan/isi laporan.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
BAB II
LANDASAN TEORI
 
2.1 Konsep Dasar Sistem
          Menurut Laudon dan Laudon (2010, p46) sistem informasi merupakan komponen yang saling bekerja sama untuk mengumpulkan, mengolah, menyimpan dan menyebarkan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan, koordinasi, pengendalian, analisis masalah dan visualisasi dalam sebuah organisasi.
            Jadi dapat disimpulkan bahwa sistem informasi adalah kombinasi seperangkat komponen yang terdiri dari orang, hardwaresoftware, jaringan telekomunikasi dan data yang saling bekerja sama untuk mengumpulkan, mengolah, menyimpan, dan menyebarkan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan, pengendalian, analisis masalah dan visualisasi dalam organisasi.
 
2.2 Peralatan Pendukung (Tools System)
a. Blok Input
Melibatkan pengumpulan data mentah dari dalam organisasi atau dari lingkungan eksternal untuk pengolahan dalam suatu sistem informasi.
            1. Mouse
            2. Keyboard
                3. Alat Tulis
            4. Kamera
            5. Recorder
b. Blok Output
            Mentransfer proses informasi kepada orang yang akan menggunakannya atau kepada aktivitas yang akan digunakan.
1.     Monitor
2.     Printer
 
 
 
 
 
c. Blok Model
          Kombinasi prosedur, logika, dan model matemetik yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah ditentukan untuk menghasilkan keluaran yang diingiinkan.
            1. Ms.Office
            2. Ms.Excel
d. Blok Teknologi
            Teknologi merupakan kotak alat (tool box) dalam sistem informasi.Teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran dan membantu pengendalian dari sistem secara menyeluruh.
            1. Email
            2. Media Sosial
e. Blok Control
            Beberapa pengendalian yang dirancang secara khusus untuk menanggulangi gangguan-gangguan terhadap sistem.
            1. Smadav 2017
            2. Avira
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
BAB III
ANALISA SISTEM BERJALAN
 
3.1 Gambaran Umum Perusahaan
          PT. Astra Honda Motor (AHM) merupakan pelopor industri sepeda motor di Indonesia. Didirikan pada 11 Juni 1971 dengan nama awal PT. Federal Motor. Saat itu, PT. Federal Motor hanya merakit, sedangkan komponennya diimpor dari Jepang dalam bentuk CKD (Completely Knock Down). Tipe sepeda motor yang pertama kali di produksi Honda adalah tipe bisnis, S90Z bermesin 4 tak dengan kapasitas 90cc. Jumlah produksi pada tahun pertama selama satu tahun hanya 1500 unit, namun melonjak menjadi sekitar 30 ribu pada tahun dan terus berkembang hingga saat ini. Sepeda motor terus berkembang dan menjadi salah satu modal transportasi andalan di Indonesia.
 
3.2 Tinjauan Perusahaan
 
            3.2.1 Sejarah Perusahaan
            AHASS Tunas Jaya adalah dealer yang merupakan sepede motor khusus honda di bidang penjualan,service dan suku cadang sepeda motor khusus honda yang didirikan tahun 1983.
 
            3.2.2 Visi dan Misi Perusahaan
      a.  Kepuasan pelanggan adalah kepuasan optimer kami.
      b. Proaktif kepedulian dan komunikasi yang baik adalah kebiasaan kami.
      c. Kerja team adalah kekuata kami.
      d. Pemasok distributor dam karyawan adalah kebanggaan kami.
      e. Mengembangkan diri adalah kunci sukses kami.
 
                  3.2.3 Standar Penampilan Dari Mekanik
                  Yaitu memakai seragam AHASS yang berwarna putih di lengkapi celemek dan topi
3.2.4 Standar Percakapan Dengan Konsumen
                  Senyum,salam,dan sapa
    
Motto dari AHASS “SALAM SATU HATI”
 
3.2.5 Fasilitas Pelayanan AHASS
      a. Ruang tunggu
      b. Ruang sholat
      c. Tv
      d. Di sediakan juga mminman (teh,kopi,secara gratis)
      e.  Free Wifi
      f.  Cuci gratis (Hanya di cabang purwokerto)
 
 
 
 
 
 
3.2.6 Kiat Sukses Dalam Menarik Pelanggan
      a. Di sediakannya service antar jemput bagi konsumen yang tidak bisa datang ke bengkel karena suatu halangan
     b. Memberikan garansi sevice untuk setiap pekerjaan yang di kerjakan dalam satu minggu
 
3.2.7 Sistem Pembayaran
      Pembayaran di lakukan secara tunai
 
3.2.8 Cabang AHASS
                   Berpusat di Magelang di seluruh indonesia yang  ada di Kalimantan,Sulawesi,Bali,dan di Jawa ada 14 cabang.
 
3.2.9  Suplay Barang
                  Astra Honda Motor Jakarta di kirim ke jogja baru di kirim lagi di purwokerto dan bekerja sama dengan empat instansi yang ada di PT.Brawijaya di bidang rokok di rental sepeda motor koperasi mangun jaya.
 
3.2.10 Siklus Barang
                  Pesan barang,barang datang lewat service order  kirim permintaan barang ke jogjakarta untuk barang reguler seperti stok-stok sperpat melalui e-mail dan order untuk barang yang benar-benar di butuhksn kosumen,seperti yang mengalami kecelakaan.
 
3.2.11 Sistem Penataan Barang
                  Penataan barang di rak bagian paling depan khusus untuk sparepart yang langsung laku,seperti ban,kampas rem,lampu.Dan rak bagian belakang khusus cover-cover rangka atau tang.
 
3.2.12 Cara Mengetahui Stok Barang
                  Stok dapat di ketahui melalui kartu stok atau karti fisik di tiap-tiap ruas,input di sistem barang dengan menggunakan situs web yang ada di internet.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
3.2.13 Stuktur Organisasi dan Fungsinya
 
     
[img=429x319]file:///C:/Users/4_you/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image002.gif[/img]
Fungsinya yaitu:
     a. Kepala Bengkel  bekerja di semua lingkungan kerja AHASS
     b. Supervisior bertugas melayani konsumen saat sedang menyambut konsumen dan menyerahkan kendaraan saat kendaraan sudah selesai
     c. Kasir bertugas menerima pembayaran dari konsumen
     d. Mekanik bertugas melakukan service sepeda motor saat konsumen datang.
 
3.3 Prosedur Sistem Berjalan
Adapun prosedur-prosedur yang dilakukan sebagai gambaran di perusahaan AHASS sebagai berikut :
1.     Prosedur Pendaftaran
Pemilik kendaraan bermotor yang akan di service datang ke Bengkel AHASS yang berlokasi di AHAS 1512 PT Armada Tunas Jaya JL.Baturaden km 5,5 Pabuaran,Purwokerto Utara. Kemudian pihak customer service meminta STNK sebagai data dan kunci motor untuk mempermudah dalam melakukan service. Kemudian pihak CS mengarsipkan data di komputer sebagai data tersimpan dan bukti di resi pembayaran nanti. Setelah pihak customer service menangani hal ini, pemilik kendaraan dipersilahkan menunggu diruang tunggu selama motor di service oleh mekanik.
 
 
2.     Prosedur Pembayaran
Setelah pihak mekanik melaporkan hasil dari service yang sudah selesai kepada kasir, pihak kasir merilis barang-barang apa saja yang digunakan oleh mekanik selama melakukan service. Setelah resi dicetak, pemilik kendaraan membayar jumlah tagihan yang diberikan oleh kasir. Setelah dilakukan pembayaran, pihak kasir memberikan resi kepada pemilik motor sebagai bukti telah melakukan pembayaran.
3.     Prosedur Laporan
Pihak kepala bagian menerima laporan dari kasir tentang service yang berlangsung tentang berapa yang telah melakukan service, siapa saja dan jenis motor apa saja yang telah diservice di bengkel tersebut, serta berapa jumlah pengahsasilan dari keuntungan yang didapat kemudian dilaporkan kepada manajer perusahaan untuk ditanda tangani.
 
3.4 Diagram Alir Data (DAD) Sistem Berjalan
 
[img=125x54]file:///C:/Users/4_you/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image003.gif[/img][img=128x61]file:///C:/Users/4_you/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image004.gif[/img][img=122x61]file:///C:/Users/4_you/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image005.gif[/img]              Menyerahkan STNK
[img=118x2]file:///C:/Users/4_you/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image006.gif[/img][img=128x2]file:///C:/Users/4_you/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image007.gif[/img]                & Kunci Motor                                                        Mengarsipkan Data
[img=2x51]file:///C:/Users/4_you/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image008.gif[/img][img=20x49]file:///C:/Users/4_you/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image009.gif[/img] 
[img=122x59]file:///C:/Users/4_you/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image010.gif[/img][img=134x55]file:///C:/Users/4_you/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image011.gif[/img]Menunggu                                                                              Memberikan Laporan
 



[img=25x66]file:///C:/Users/4_you/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image012.gif[/img]
 


[img=122x67]file:///C:/Users/4_you/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image013.gif[/img][img=106x58]file:///C:/Users/4_you/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image014.gif[/img]Melakukan   
[img=84x2]file:///C:/Users/4_you/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image015.gif[/img][img=116x39]file:///C:/Users/4_you/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image016.gif[/img][img=87x2]file:///C:/Users/4_you/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image017.gif[/img]                                        Transaksi                                            Melaporkan







[img=3x49]file:///C:/Users/4_you/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image018.gif[/img]

[img=2x44]file:///C:/Users/4_you/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image019.gif[/img]
 


[img=111x48]file:///C:/Users/4_you/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image020.gif[/img][img=117x63]file:///C:/Users/4_you/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image021.gif[/img]     Menerima                                                                                                  Memverivikasi



[img=2x64]file:///C:/Users/4_you/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image022.gif[/img]
 


                                                                                               
[img=112x42]file:///C:/Users/4_you/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image023.gif[/img]     Diterima dan Ditandatangani
 
 
 
 
 
3.5 Kamus Data Sistem Berjalan
 
Nama arus data           : Nota Pembayaran
Alias                            : NP
Bentuk data                : Cetak
Arus data                    : Memberikan STNK dan kunci motor kepada pihak customer service
Penjelasan                   : Untuk melakukan service
Periode                        : Setiap melakukan service
Volume                       : 1 Lembar/hari
Struktur data               : Data nota pembayaran terdiri dari :
Nomor                         : Cabang-Tanggal_service-No_antrian
Tanggal                       : Tanggal+Bulan+Tahun
No. Polisi                    : *Terdiri dari 7 digit
Nama_Pemilik             : [A-Z]
Alamat                        : [1-9]
Type/Warna/Tahun      : [A-Z]
No.Mesin/Rangka       : *Terdiri dari 12 digit
Mekanik                      : [A-Z]
Total                            : [A-Z]
Pembayaran                 : [1-9]
 
3.6 Spesifikasi Sistem Berjalan
Dalam spesifikasi system berjalan ini akan dijelaskan mengenai dokumen-dokumen yang terdapat dalam proses pencatatan datanya, dokumen-dokumen tersebut terdiri atas dokumen masukan dan dokumen keluaran.
 
3.6.1       Spesifikasi Bentuk Dokumen Masukan
 
Data Pemilik Kendaraan Bermotor
Fungsi             : Untuk data perusahaan
Sumber            : Customer service
Tujuan             : Manajer
Media              : Kertas
Jumlah             : Satu lembar
Frekuensi         : Setiap service
Bentuk            : Lampiran
 
 
 
3.6.2    Spesifikasi Bentuk Dokumen Masukan
 
Resi/Bukti Nota Pembayaran
Fungsi             : Untuk bukti pembayaran
Sumber            : Customer service
Tujuan             : Pemilik Kendaraan
Media              : Kertas
Jumlah             : Satu lembar
Frekuensi         : Setiap service
Bentuk            : Lampiran
 
 
 
BAB IV
PENUTUP
4.1  Kesimpulan
           Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan pada bab sebelumnya,maka dapat disimpulkan :
1.Tidak ada perbedaan skala volume penjualan jasa pada bengkel sepeda motor   AHAS di wilayah Purwokerto ditinjau dari strategi perusahaan bisnis
2.Pelayanan dari AHAS di wilayah purwokerto membuat konsumen merasa puas dikarenakan pelayanan yang memadai.
4.2  Saran
          Setelah menyimpulkan hasil analisis diatas maka saran penulis yang di anggap perlu oleh perusahaan adalah:
    1.Tetap mempertahankan bahkan lebih meningkatkan responsiveness yang  memerlukan ketanggapan dan kemauan untuk membantu pelanggan dan memberikan pelayanan yang cepat dan tepat kepada pelanggan dan penyampaian informasi yang jelas.
    2.Perusahaan juga memperhatikan variabel lain yang dianggap signifikan untuk   meningkatkan kualitas jasa untuk kemajuan perusahaan di tengah persaingan yang keras sehingga perusahaan mampu mempertahankan pelanggan.


 
LAMPIRAN DOKUMENTASI


http://kuliah.trisnowlaharwetan.net/atta...p?aid=1196


Attached Files
.pdf   Laporan Hasil Riset AHASS PT Armada Tunas Jaya.pdf (Size: 875.01 KB / Downloads: 153)
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)