Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
MAKALAH APSI
#1
MAKALAH
ANALISA PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
 
 



[img=262x262]file:///C:/Users/acer/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image002.jpg[/img]
 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

DISUSUN OLEH
 
FIRSTY IRANIWIGUNA  (12155869)
 
KELAS 12.4H.21
 
 AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
BINA SARANA INFORMATIKA PURWOKERTO
TAHUN 2017
 
 
 
KATA PENGANTAR
 
Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT, yang telah memberikan rahmat, hidayah dan bimbingan-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Penulisan makalah ini digunakan untuk berbagi informasi kepada kita semua tentang analisa sistem informasi .Selain itu, juga untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Analisa Perancangan Sistem Informasi.Juga tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada :
 
1.     Bapak Sutrisno selaku dosen pengajar mata kuliah Analisa Perancangan Sistem Informasi.
2.     Teman-teman kelas 12.4H.21 semua yang telah mendukung dan memberi semangat kepada penulis.
 
Semoga bantuan dan dukungan yang telah diberikan kepada penulis, akan mendapat balasan serta karunia dari Allah SWT.
Saya selaku penulis menyadari bahwa dalam proses penulisan makalah ini masih dari jauh dari kesempurnaan baik materi maupun cara penulisannya. Namun demikian,  penulis telah berupaya dengan segala kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki sehingga dapat selesai dengan baik dan oleh karenanya, penulis dengan rendah hati dan terbuka menerima kritik dan saran yang bersifat membangun. Penulis berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk menumbuh kembangkan ilmu pengetahuan dan referensi bagi pembuatan laporan yang akan datang.
                                                                      
 
Purwokerto, 21 Maret 2017
Penulis
 
 
DAFTAR ISI
 
Cover.....................................................................................................................i
Kata Pengantar......................................................................................................ii
Daftar Isi…...........................................................................................................iii
 
BAB I Pendahuluan
1.1 Latar Belakang................................................................................................1
1.2 Tujuan Makalah...….......................................................................................1
1.3 Perumusan Masalah........................................................................................1
 
BAB II Pembahasan
2.1. Pengertian Sistem Informasi.........................................................................2
2.2. Tujuan Sstem Informasi................................................................................2
2.3. Kualitas Suatu Informasi...............................................................................2
2.4. Jenis Sistem Informasi...................................................................................3
 
BAB III Penutup
A. KESIMPULAN..............................................................................................11
B. SARAN...........................................................................................................11
DAFTAR PUSTAKA..........................................................................................12


BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1. Latar Belakang 

 

Zaman sekarang ini , kebutuhan manusia dalam akses data dan mencari sebuah informasi semakin meningkat, hal ini disebabkan adanya pola pergeseran hidup manusia ke arah yang lebih berkembang, lebih modern dan lebih maju.

Dengan pemanfaatan komputer hal ini dapat terfasilitasi dengan cepat dan akurat. Akibatnya akan terjadi keefisiansian waktu, biaya dan resource, sehingga akan menghasikan output yang optimal dan lebih baik. Disisi yang lain kebutuhan akan akses data itu terhalangi oleh adanya jarak , waktu bahkan biaya , terkadang kita membutuhkan akses informasi saudara kita yang berada di belahan bumi yang berbeda.

 

1.2. Tujuan

Tujuan penulis membuat makalah ini adalah untuk : 

1.            Untuk memenuhi tugas mata kuliah Analisa Perancangan Sistem Informasi semester 4 (empat) jurusan Manajemen Informatika BSI.

2.            Sebagai penambah pengetahuan tentang analisa sistem informasi. 

3.            Sebagai referensi dalam pembuatan makalah tentang sistem informasi.

 

1.3. Perumusan Masalah

1. Definisi Sistem Informasi

2. Tujuan Sistem Informasi

3. Kualitas Informasi

4. Jenis Sistem Informasi

 

 

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

2.1. Pengertian Sistem Informasi

Merupakan kumpulan dari teknologi informasi  dan aktivitas orang – orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang-orang, proses algoritma, data, dan teknologi, yang ditujukan untuk pengolahan (menangkap, transmisi, menyimpan, mengambil, memanipulasi dan menampilkan) hasil dari  informasi tersebut.

 

2.2. Tujuan Sistem Informasi

Tujuan dari sistem informasi adalah menghasilkan informasi. Sistem informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang berguna bagi para pemakainya. Data yang diolah saja tidak cukup dapat dikatakan sebagai suatu informasi. Untuk dapat berguna, maka informasi harus didukung oleh tiga pilar sebagai berikut: tepat kepada orangnya atau relevan , tepat waktu , dan tepat nilainya atau akurat. Keluaran yang tidak didukung oleh tiga pilar ini tidak dapat dikatakan sebagai informasi yang berguna, tetapi merupakan sampah yang tidak berguna.

 

2.3. Kualitas Suatu Informasi

       Kualitas dari suatu informasi tergantung dari 3 (tiga) hal yaitu :

               1. Akurat (Accurate)

Informasi harus bebas dari kesalahan , tidak boleh menyesatkan , teliti , cermat , dan seksama.  Akurat juga berarti bahwa informasi harus jelas dan tepat sasaran serta sesuai kenyataan.

 

 2. Tepat Waktu (Timelines)

     Informasi yang sampai pada penerima tidak boleh tertunda. Dan merupakan lan

     dasan pokok untuk mencari informasi.   

3.  Relevan (Relevance)

     Informasi tersebut berguna untuk penggunanya.

 

2.4. Jenis-Jenis Sistem Informasi

Sistem informasi dikembangkan untuk tujuan yang berbeda-beda, tergantung pada   kebutuhan bisnis. Sistem informasi dapat dibagi menjadi beberapa bagian :


 

 

 

 

 

 

 

1. Transaction Processing Systems (TPS)

                         [img=441x331]file:///C:/Users/acer/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image004.jpg[/img]

TPS adalah sistem informasi yang terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan inventarisasi. TPS berfungsi pada level organisasi yang memungkinkan organisasi bisa berinteraksi dengan lingkungan eksternal. Data yang dihasilkan oleh TPS dapat dilihat atau digunakan oleh manajer.
Transaction processing systems (TPS) berkembang dari sistem informasi manual untuk sistem proses data dengan bantuan mesin menjadi sistem proses data elektronik (electronic data processing systems).

Contoh :

1.     TPS membuat pernyataan konsumen, cek gaji karyawan, kuitansi penjualan, order pembelian, formulir pajak, dan rekening keuangan. TPS juga memperbaharui database yang digunakan perusahaan untuk diproses lebih lanjut oleh Sistem Informasi Manajemen.

2.     Dalam rekening keuangan yang meliputi registrasi masuknya murid baru , baik itu pembayaran-pembayaran serta cek gaji karyawan yang meliputi sistem perhitungan gaji. Dalam inventory system yaitu Database berisi kelengkapan peralatan sarana dan prasarana sekolah serta pemeliharaan sekolah beserta murid, guru dan lingkungan sekolah, yang tujuannya untuk mengembangkan suatu sekolah agar lebih maju dan lebih berkembang.

3.     Aplikasi Bantuan Keuangan Desa (BKD  Pemprov Jawa Tengah)Aplikasi bantuan keuangan desa adalah aplikasi manajemen oprasional Program Bantuan Keuangan seluruh Desa di propinsi Jawa  tengah.Aplikasi ini menangani semua prosedur Bantuan Keuangan Seluruh desa di Jawa Tengah, mulai dari proses Usulan Bantuan, Penetapan Anggaran, Perubahan Anggaran Bantuan, Pencairan Bantuan, beserta seluruh proses Pelaporan yang penting di dalamnya.

 

2. Office Automation Systems (OAS)

          [img=527x261]file:///C:/Users/acer/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image006.jpg[/img]

Office automation system (OAS) terkadang disebut juga dengan Virtual Office (VO), konsep OAS menggabungkan penggunaan berbagai peralatan IT (mencakup hardware dan software) dalam berkomunikasi baik dengan satu orang/unit maupun banyak orang/unit untuk mengurangi penggunaan kertas berlebih yang bertujuan terjadinya peningkatan kecepatan, ketepatan, keamanan kerja di kantor dan meningkatkan produktivitas kerja agar terjadinya kedisiplinan kerja. 

Contoh :

1.     Desktop Publishing

Adalah pembuatan dokumen menggunakan keterampilan dan kedislipinan tata letak halaman pada komputer pribadi . Perangkat lunak desktop publishing dapat menghasilkan layout dan menghasilkan kualitas teks dan gambar sebanding dengan tipografi tradisional dan pencetakannya.

2.     Electronic Calender

Adalah penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan acara yang telah ditetapkan oleh manajer yang bersifat khusus diantara aplikasi otomatisasi kantor karena ia hanya menyusun terjadinya komunikasi bukan mengkomunikasikan informasi. Kalender elektronik sangat berguna bagi manajer  yang memiliki jadwal kerja yang sangat padat.

3.     Email

Adalah sistem yang memungkinkan pesan berbasis teks untuk dikirim dan diterima secara elektronik melalui komputer , laptop atau gadget.

4.     Electronic Spreadsheet

Lembaran kertas yang menunjukkan akuntansi atau data lain dalam baris dan kolom yang juga merupakan aplikasi komputer program yang simulates fisik spreadsheet oleh menangkap, menampilkan, dan memanipulasi data yang disusun dalam baris dan kolom. 

 

3. Knowledge Work System

                                    [img=342x300]file:///C:/Users/acer/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image008.jpg[/img]

 

Knowledge work systems (KWS) adalah sistem informasi yang membuat dan mengintegrasikan pengetahuan baru ke sebuah  organisasi. Serta mendukung para pekerja professional seperti ilmuwan, insinyur, dan doktor dengan membantu menciptakan pengetahuan baru dan memungkinkan mereka mengkontribusikannya ke organisasi atau masyarakat luas.

 

4. Informatic Management System





SIM tidak menggantikan TPS , tepi mendukung tugas-tugas organisasional yang lebih luas dari TPS, termasuk analisis keputusan dan pembuat keputusan. SIM menghasilkan informasi yang digunakan untuk membuat keputusan, dan juga dapat membatu menyatukan beberapa fungsi informasi bisnis yang sudah terkomputerisasi (basis data).

 

5. Decision Support Systems (DSS)

             [img=496x384]file:///C:/Users/acer/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image010.jpg[/img]   



DSS hampir sama dengan SIM karena menggunakan basis data sebagai sumber data. DSS bermula dari SIM karena menekankan pada fungsi mendukung pembuat keputusan diseluruh tahapannya, meskipun keputusan aktual tetap berwenang sebagai pembuat keputusan.

a. Tujuan dari Decision Support System (DSS) antara lain adalah :

• membantu manajer membuat keputusan untuk memecahkan masalah.

• mendukung penilaian manajer .

• meningkatkan efektifitas pengambilan keputusan daripada efisiensinya.

 

b. Model DSS terdiri dari:

1. Model matematika.

2. Database.

 

6. Sistem Ahli (ES) dan Kecerdasan Buatan (AI)
 

                           [img=419x349]file:///C:/Users/acer/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image012.jpg[/img]

Adalah memahami bahasa alamiahnya dan menganalisis kemampuannya untuk berfikir melalui problem sampai kesimpulan logiknya. Sistem ahli menggunakan pendekatan-pendekatan pemikiran AI untuk menyelesaikan masalah serta memberikannya lewat pengguna bisnis.

Contoh :
    1. System jadwal mekanik
    1. Aplikasi ramalan (zodiak)
 

7. Group Decision Support Systems (GDSS) dan Computer-Support Collaborative   Work Systems (CSCW)

                          [img=436x335]file:///C:/Users/acer/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image014.jpg[/img]

Bila kelompok, perlu bekerja bersama-sama untuk membuat keputusan semi-terstruktur dan tak terstruktur, maka group Decision support systems membuat suatu cara yang baik..

 

 

 


8. Executive Support Systems (ESS)


                             [img=442x332]file:///C:/Users/acer/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image016.jpg[/img]

ESS tergantung pada informasi yang dihasilkan TPS dan SIM dan ESS membantu mengatur interaksinya dengan lingkungan eksternal dengan menyediakan pendukung komunikasi di tempat-tempat yang bisa diakses seperti kantor atau perusahaan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

A.  KESIMPULAN

Sistem Informasi merupakan keseluruhan jaringan informasi yang ditujukan  kepada pembuatan keterangan dan para pengguna lainnya yang berfungsi untuk pengambilan keputusan atau kebutuhan lain dalam cakupan mencari informasi.

Informasi adalah data yang telah diolah, dianalisis melalui suatu cara sehingga memiliki arti dan makna. Sedangkan data merupakan fakta-fakta yang mewakili suatu keadaan, kondisi, atau peristiwa yang terjadi atau ada di dalam atau di lingkungan fisik organisasi yang belum dianalisis.

Sistem informasi dalam suatu pemahaman yang sederhana dapat  didefinisikan sebagai satu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang serupa. Para pemakai biasanya tergabung dalam suatu organisasi formal. Informasi menjelaskan mengenai organisasi atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang telah terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi sekarang ini dan apa yang mungkin akan terjadi dimasa yang akan datang organisasi tersebut.

Penerapan sistem informasi di dalam suatu organisasi dimaksudkan untuk memberikan dukungan informasi yang dibutuhkan, khususnya oleh para pengguna informasi dari berbagai tingkatan manajemen.

 

B. SARAN

Penulis menyadari bahwa dalam pembuatan makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kepada semua pihak untuk memberikan kritik dan saran yang membangun demi tercapainya Makalah  yang lebih baik di masa mendatang. Terima kasih.

 

 

                                  DAFTAR PUSTAKA

 

 

http://blogmansyur.blogspot.co.id/2015/01/makalah-apsi_2.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi

http://avrilfc18.blogspot.co.id/2016/04/makalah-sistem-informasi.html

http://www.lahiya.id/pengertian-sistem-informasi/

 

 

 
 
 
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)